DANA Umumkan Penyelesaian Transaksi Investasi Sinar Mas & Lazada

ADVERTISEMENT

DANA Umumkan Penyelesaian Transaksi Investasi Sinar Mas & Lazada

Atta Kharisma - detikInet
Kamis, 11 Agu 2022 17:32 WIB
aplikasi Dana
Foto: Dana
Jakarta -

Perusahaan teknologi keuangan berbasis dompet digital DANA mengumumkan penyelesaian transaksi investasi terbaru dari Sinar Mas dan perusahaan e-Commerce Lazada Group. Investasi ini membuktikan kepercayaan dan keyakinan kedua investor baru terhadap visi, strategi, dan peran penting DANA dalam mempercepat literasi dan inklusi keuangan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

CEO & Co-Founder DANA Indonesia Vince Iswara menjelaskan dukungan lokal dan regional seperti Sinar Mas dan Lazada Group, bersama dengan dukungan berkelanjutan dan tak tergoyahkan dari EMTEK Group dan Ant Group membuat DANA berada di posisi yang tepat demi mempercepat pertumbuhan platform ekosistem terbuka yang mampu menopang pesatnya digitalisasi di Indonesia.

"Kami sangat bangga atas bergabungnya Sinar Mas dan Lazada Group sebagai pemegang saham DANA, bersama dengan pemegang saham terdahulu yang senantiasa mendukung kami, yaitu EMTEK Group dan Ant Group. Kami yakin bahwa kekuatan platform teknologi keuangan DANA akan memberikan banyak nilai strategis kepada investor berharga kami dalam mewujudkan visi kami untuk masyarakat nontunai Indonesia yang memiliki tingkat literasi dan inklusi keuangan yang lebih baik," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (11/8/2022).

"Dukungan yang diberikan oleh semua pemegang saham tentu akan memperkuat DANA, seiring kami terus meningkatkan layanan keuangan digital yang DANA berikan kepada seluruh masyarakat Indonesia dan dalam mengakselerasi literasi dan inklusi keuangan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Kami juga percaya investasi ini merupakan bagian dari pengembangan bisnis yang akan mempersiapkan DANA untuk fase pertumbuhan selanjutnya," lanjutnya.

Vince mengungkapkan saat ini DANA telah memiliki lebih dari 115 juta pengguna di seluruh Indonesia. DANA juga menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi di kategori Keuangan (Finance) yang paling banyak diunduh di Indonesia pada tahun 2021 lalu.

Ia menambahkan sejak dirilis tahun 2018, DANA sukses dan terus berkembang dalam menyediakan solusi transaksi digital holistik yang aman, mudah, dan nyaman. Didukung oleh teknologi terdepan serta lebih dari 900 karyawan yang mayoritasnya merupakan para engineer teknologi keuangan terdepan Indonesia, DANA kini mengolah rata-rata lebih dari 10 juta transaksi harian.

Konsistensi ini, sambung Vince, turut berdampak positif pada kepercayaan pengguna DANA yang terus menilai DANA sebagai aplikasi Keuangan nomor satu. Pilihan integrasi pengembangan yang luas serta kemudahan untuk proses onboarding mandiri bagi para merchant memungkinkan DANA diterima oleh lebih dari 18 juta merchant yang tergabung dalam jaringan QRIS nasional, serta melakukan integrasi dengan berbagai lembaga keuangan, dengan mengimplementasikan Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP).

Komitmen DANA Dukung Literasi & Inklusi Keuangan Digital di Indonesia

Di sisi lain, DANA terus meningkatkan literasi dan inklusi keuangan sejalan dengan prioritas strategis Pemerintah Indonesia dan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 yang disusun oleh Bank Indonesia. Vince menyebut pembayaran digital di Indonesia menjadi gerbang utama bagi banyak masyarakat Indonesia untuk mendapatkan akses layanan keuangan.

Berdasarkan data Bank Indonesia, pembayaran digital telah melampaui transaksi kartu kredit dan debit sebagai alat pembayaran, khususnya dari sisi volume transaksi yang nilainya telah mencapai lebih dari 16 miliar transaksi di tahun 2021. Sementara dari nilai transaksi, pembayaran digital juga melampaui kartu kredit secara signifikan yakni sebesar Rp 786 triliun (sekitar US$ 54 miliar) dibandingkan dengan Rp 245 triliun (sekitar US$ 17 miliar) pada tahun 2021.

Klik halaman selanjutnya >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT