Kolaborasi & Resiliensi, Cara GoTo Bikin UMKM Naik Kelas & Go Global

ADVERTISEMENT

Year in Review 2021

Kolaborasi & Resiliensi, Cara GoTo Bikin UMKM Naik Kelas & Go Global

Erika Dyah - detikInet
Selasa, 18 Jan 2022 22:55 WIB
Goto
Foto: GoTo
Jakarta -

Kolaborasi berbagai pihak terus dilakukan guna mendukung pemulihan ekonomi pascapandemi. Salah satunya, melalui kolaborasi Grup GoTo sebagai pihak swasta dengan Otoritas Jasa Keuangan dari pemerintahan yang menginisiasi Kampus UMKM Bersama di Surakarta pada September 2021 lalu.

Peresmian Kampus UMKM Bersama di GoTo UMKM Center, Solo Technopark ini berlangsung bersamaan dengan peluncuran #BangkitBersama di Surakarta pada 30 September 2021. Melalui Kampus UMKM Bersama ini, kedua pihak berkomitmen untuk fokus mengangkat lebih banyak UMKM unggulan daerah melalui peningkatan literasi keuangan dan kapasitas usaha.

Adapun langkah ini diharapkan dapat mendukung pemulihan ekonomi, terutama UMKM Tanah Air. Serta mendorong UMKM agar naik kelas, terus bertumbuh, dan mampu bersaing dengan brand global.

CEO Grup GoTo dan CEO GoTo Financial, Andre Sulistyo mengungkap dengan semangat kolaborasi dan resiliensi, pihaknya berusaha berkontribusi untuk pemulihan ekonomi dan inilah yang menjadi alasan lahirnya bangkit bersama.

"Kami lihat digitalisasi punya peran penting mengubah usaha offline yang tidak bisa buka karena pandemi bisa dijembatani. GoTo ingin terus berkontribusi supaya UMKM bisa tetap berjualan, bisa membantu operasional dan pengelolaan," ungkap Andre saat peluncuran Kampus UMKM Bersama

"Kami ingin terus berinovasi supaya bisa jadi jembatan. Inisiatif Bangkit Bersama kami susun supaya juga fokus di daerah agar lebih banyak UMKM bisa masuk ke ekosistem," sambungnya.

Andre pun berharap sinergi dalam program prioritas Kampus UMKM Bersama dan Program #BangkitBersama GoTo dapat menjadi salah satu bentuk keberpihakan kepada UMKM lokal, serta menjadi jembatan untuk mendukung perluasan ekosistem digital UMKM yang terintegrasi dari hulu sampai hilir.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan OJK untuk kolaborasi pelatihan UMKM secara holistik kepada UMKM lokal. Kami percaya hal ini akan mempercepat digitalisasi keuangan pelaku UMKM, meningkatkan daya saing mereka yang akan berkontribusi pada penguatan ekonomi daerah dan nasional," tutur Andre.

Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso saat peluncuran Kampus UMKM Bersama, September lalu, mengatakan, "Indonesia memiliki penduduk yang banyak yang bisa dikembangkan termasuk literasi keuangan dan pemanfaatan teknologi. OJK sadar hal ini maka kami berusaha mengawal bukan membatasi. Kami juga berusaha membawa pemanfaatan teknologi kepada UMKM. UMKM harus bisa kita bimbing, didik dan tuntun untuk memanfaatkan teknologi. Terima kasih kepada GoTo dan ekosistemnya yang merangkul UMKM ke ekosistem digital."

GoTo bersama OJK memiliki komitmen mengangkat lebih banyak UMKM unggulan daerah melalui peningkatan literasi keuangan dan kapasitas usaha agar naik kelas, terus bertumbuh, dan mampu bersaing dengan brand global. Hal ini sejalan dengan semangat OJK dan Pemerintah untuk mencapai keuangan inklusif dan pemberdayaan UMKM.

Adanya sinergi dalam program prioritas Kampus UMKM Bersama dan Program #BangkitBersama GoTo diharapkan menjadi salah satu bentuk keberpihakan kepada UMKM lokal dan menjadi jembatan untuk mendukung perluasan ekosistem digital UMKM yang terintegrasi dari hulu sampai hilir.

Program Prioritas Kampus UMKM Bersama

Sebagai informasi, Kampus UMKM Bersama adalah program kolaborasi OJK, pelaku start-up, industri jasa keuangan, dinas/stakeholders terkait, dan PTN/PTS untuk memberikan pelatihan secara end-to-end kepada kelompok UMKM tertentu agar siap naik kelas dan go-global.

Guna mempercepat pertumbuhan UMKM pasca pandemi, diperlukan adanya penguatan kapasitas dan kapabilitas UMKM secara end-to-end dalam satu ekosistem terintegrasi berbasis teknologi yang mencakup penguatan kualitas manajemen, kualitas produk, akses pasar dan pembiayaan, kapasitas SDM, dan adaptasi penguasaan teknologi digital.

Dalam kolaborasi perdana ini, lokasi pelatihan Kampus UMKM Bersama berpusat di GoTo UMKM Center, Solo Technopark. GoTo sebagai mitra pertama OJK dalam Program Kampus UMKM Bersama, menargetkan keikutsertaan merchant UMKM dengan produk unggulan daerah, seperti misalnya merchant batik untuk Kampus UMKM Bersama OJK-GoTo di Solo.



Simak Video "Year In Review 2021: Kilas Balik Penanganan COVID-19 di 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT