Inisiatif #BangkitBersama GoTo Dorong Pemulihan Ekonomi UMKM

ADVERTISEMENT

Year in Review 2021

Inisiatif #BangkitBersama GoTo Dorong Pemulihan Ekonomi UMKM

Erika Dyah - detikInet
Rabu, 12 Jan 2022 18:30 WIB
GoTo
Foto: dok GoTo
Jakarta -

Di tahun 2021, dua platform terkemuka di Tanah Air, yakni Gojek dan Tokopedia mengumumkan pembentukan sinergi layanan dengan hadirnya Grup GoTo. Tak hanya mengkombinasikan layanan eksisting, GoTo juga menginisiasi program untuk mendukung pemulihan ekonomi di Tanah Air melalui inisiatif #BangkitBersama.

Sebagaimana diketahui, pembentukan Grup GoTo mengombinasikan tiga layanan penting dalam satu ekosistem. Mulai dari layanan e-commerce, on-demand, serta layanan keuangan dan pembayaran. Hadirnya ekosistem ini dinilai akan membuka semakin banyak peluang penghasilan bagi jutaan mitra driver, pelaku UMKM, dan wirausaha lainnya.

CEO GoTo, Andre Soelistyo dalam pengumuman GoTo mengatakan pembentukan Grup GoTo menandai fase pertumbuhan selanjutnya bagi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial.

"Mitra driver Gojek akan memiliki peluang pendapatan yang lebih besar antara lain dengan mengirimkan lebih banyak pesanan dari pengguna Tokopedia, sementara penjual dan mitra merchant dari berbagai skala bisnis akan mendapatkan berbagai manfaat dan kesempatan untuk meningkatkan usahanya. Hadirnya Grup GoTo juga akan memungkinkan kami untuk semakin mendorong inklusi keuangan di Indonesia dan Asia Tenggara," kata Andre dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, Co-founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya mengatakan berdirinya Grup GoTo menjadi bukti bangsa Indonesia dapat bermimpi dan mewujudkannya.

Dikutip dari laman GoTo, Senin (17/5), William mengaku sejak awal pihaknya memiliki misi untuk selalu menciptakan dampak sosial dalam skala besar. Termasuk memberikan kesempatan yang setara bagi pegiat UMKM lokal mengembangkan bisnisnya.

"Dan di saat yang sama, memberi pengguna akses yang sama kepada barang dan jasa di seluruh penjuru negeri. Selain mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, Grup GoTo akan memberikan kemudahan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk memperoleh akses terhadap produk dan layanan berkualitas, kapan pun dan di mana pun," ungkap William.

William melanjutkan, GoTo menginisiasi gerakan #BangkitBersama dalam rangka memperkuat komitmennya untuk mendorong UMKM lokal semakin berdaya dan berjaya. Melalui gerakan yang dimulai di Solo pada September 2021, pihaknya melibatkan UMKM, konsumen, dan mitra driver secara holistik dalam menciptakan hubungan yang saling menguntungkan melalui digitalisasi.

Seperti diketahui, kondisi pandemi membuat digitalisasi menjadi semakin terakselerasi seiring dengan munculnya berbagai kebutuhan di tengah masyarakat. Berbagai kebijakan yang membuat sektor usaha, terutama UMKM tak lagi bisa menjalankan bisnis secara offline pun turut mendorong para pelaku usaha untuk beralih ke ranah digital demi beradaptasi di masa sulit akibat pandemi.

"Selama masa pandemi, kami melihat UMKM tidak menyerah pada keadaan dan berani go-digital. Ada lebih dari empat juta mitra baru yang bergabung di ekosistem GoTo, dan 86% di antaranya ada pengusaha baru," ujarnya.

Meski demikian, ia melihat ada tantangan lain di mana para UMKM ini juga harus menghadapi pedagang luar negeri dan pandemi. Untuk itu, pihaknya menilai GoTo punya tanggung jawab besar dan harus terus hadir untuk bangkit bersama demi memulihkan perekonomian Indonesia.

"Pendekatan yang kami lakukan sangat hyperlocal, terutama dalam hal menghubungkan pengusaha lokal dengan konsumen setempat. Supaya lebih banyak pengusaha daerah bisa go-digital. Solusi yang kami hadirkan selalu didasari atas semangat untuk mengatasi permasalahan di daerah sehingga UMKM lokal selalu bisa jadi tuan rumah di negeri sendiri," jelas William.

Klik halaman selanjutnya: Kolaborasi GoTo pulihkan ekonomi >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT