Head of Sustainability GoTo Masuk Daftar The Eco-Business A-List 2021

Head of Sustainability GoTo Masuk Daftar The Eco-Business A-List 2021

Nada Zeitalini - detikInet
Selasa, 21 Des 2021 20:00 WIB
Group Head of Sustainability GoTo, Tanah Sullivan
Foto: Dok. Gojek
Jakarta -

Group Head of Sustainability GoTo, Tanah Sullivan masuk dalam daftar The Eco-Business A List 2021. Ia menjadi satu dari sembilan pemimpin sustainability perusahaan di Asia Pasifik yang masuk dalam The Eco-Business A-List 2021.

The Eco-Business A-List merupakan penghargaan tahunan dari media ekonomi dan bisnis intelijen Eco-Business yang berbasis di Singapura, kepada para pemimpin sustainability perusahaan di Asia Pasifik yang telah memberikan dampak positif dalam bisnis dan industri sepanjang tahun.

Bukan tanpa sebab, Tanah Sullivan bisa masuk dalam daftar The Eco-Business A List 2021. Tanah bergabung dan membangun fungsi sustainability pertama Gojek pada November 2020. Sedangkan pada April 2021, Gojek sebagai startup unicorn Indonesia telah meluncurkan Laporan Sustainability pertamanya dengan komitmen Three Zeros (Tiga Nol) pada tahun 2030 (Zero Emissions, Zero Waste, dan Zero Barriers).

Tanah pun terus menggerakkan perusahaan menuju target Tiga Nol. Zero Emissions menjadi yang paling menonjol, dengan komitmen Gojek untuk mengalihkan semua kendaraan di platformnya ke kendaraan listrik pada tahun 2030.

"Kami tidak hanya akan mengimbangi emisi kami, namun kami secara fundamental mengubah cara bisnis kami beroperasi," ujar Tanah dalam keterangan tertulis, Selasa (21/12/2021).

"Ini bukan merupakan tugas yang mudah, karena ada banyak faktor dan pemangku kepentingan yang terlibat. Di tengah perubahan tersebut adalah para driver kami. Kami perlu memastikan bahwa menjadi platform yang neral karbon tidak akan membuat mereka kekurangan," tambahnya.

Pada Zero Waste, Tanah juga terus mendorong kolaborasi dan upaya dengan mitra merchant dan pemasok GoFood untuk menghilangkan pencemaran limbah terhadap lingkungan. Dimulai dengan mengganti kemasan plastik sekali pakai dengan alternatif yang lebih berkelanjutan (dan teruji).

Kemudian pada aspek Zero Barriers, Tanah juga telah mendorong Gojek yang kini masuk dalam ekosistem GoTo, dalam keragaman dan inklusi, baik secara internal dan eksternal.

Setelah Gojek masuk dalam ekosistem GoTo bersama Tokopedia pada Mei 2021, posisi dan fungsi Tanah telah dipindahkan ke GoTo. Amanah ini memperluas mandatnya menangani sustainability di ketiga perusahaan dalam grup: Gojek, GoTo Financial, dan Tokopedia.

Hal tersebut juga menjadi bukti kemampuan dan dedikasinya terhadap komitmen, upaya, dan investasi Grup GoTo untuk membangun perusahaan dengan dampak lingkungan dan sosial yang kredibel, transparan, dan positif.

Misinya adalah untuk memastikan operasi dan pertumbuhan setiap perusahaan dalam Grup GoTo tidak merugikan lingkungan atau orang-orang di ekosistemnya termasuk konsumen, mitra pedagang, dan mitra pengemudi.



Simak Video "UMKM Asal Surabaya Raup Untung Hingga Puluhan Juta Lewat Online"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)