Inisiatif #BangkitBersama GoTo Dorong Pemulihan Ekonomi UMKM - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Year in Review 2021

Inisiatif #BangkitBersama GoTo Dorong Pemulihan Ekonomi UMKM

Erika Dyah - detikInet
Rabu, 12 Jan 2022 18:30 WIB
GoTo
Foto: dok GoTo

Kolaborasi untuk Pulihkan Ekonomi

CEO GoTo, Andre Soelistyo menambahkan pihaknya berusaha berkontribusi untuk pemulihan ekonomi dengan membawa semangat kolaborasi dan resiliensi. Menurutnya, hal ini juga yang menjadi alasan lahirnya inisiatif #BangkitBersama.

"Kami lihat digitalisasi punya peran penting mengubah usaha offline yang tidak bisa buka karena pandemi bisa dijembatani. GoTo ingin terus berkontribusi supaya UMKM bisa tetap berjualan, bisa membantu operasional dan pengelolaan. Kami ingin terus berinovasi supaya bisa jadi jembatan," kata Andre.

Andre menjelaskan bisnis yang dijalankan pihaknya bisa diibaratkan sebagai jembatan digital untuk menghubungkan pengusaha mikro, kecil, dan menengah atau mitra pengemudi dengan konsumen dalam bentuk pelayanan.

"Lewat gerakan #BangkitBersama yang menggunakan pendekatan hyperlocal, kami berharap bisa memperkuat kontribusi Grup GoTo terhadap pemulihan ekonomi," tutur Andre.

Ia menambahkan, inisiatif #BangkitBersama ini telah disusun supaya juga fokus di daerah agar lebih banyak UMKM bisa masuk ke ekosistem. Sebagai permulaan, implementasi gerakan ini dimulai di Solo, Jabodetabek, Bandung, Medan, Semarang, dan Surabaya. Kendati demikian, ia mengatakan pihaknya tak menutup kemungkinan #BangkitBersama bisa berlanjut ke daerah-daerah lain di Indonesia ke depannya.

Diketahui, inisiatif #BangkitBersama ini telah mendapatkan dukungan, termasuk dari pihak pemerintah. Mulai dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Pemerintah Daerah.

Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) RI, Siti Azizah, saat peluncuran Bangkit Bersama di Solo mengatakan pihaknya percaya UMKM lokal akan terus menjadi tulang punggung ekonomi nasional pada situasi menantang.

"Untuk itu, dukungan komprehensif, baik solusi teknologi dan pemberdayaan lainnya menjadi sangat krusial, agar UMKM dapat mengembangkan bisnis, sekaligus membuka berbagai lapangan pekerjaan di daerah," ucap Azizah.

Dukungan yang sama disampaikan, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat peluncuran Bangkit Bersama di Surabaya. Dia menjelaskan pihaknya sudah menyaksikan sendiri dampak dukungan GoTo terhadap pemulihan UMKM di wilayahnya. Menurutnya, UMKM telah menjadi ujung tombak ekonomi Surabaya, bahkan turut mengurangi pengangguran dan kemiskinan.

Ia menilai, UMKM akan bergerak hebat jika memiliki kemauan untuk berkembang dengan digitalisasi. Terlebih di tengah masa pandemi yang membuat masyarakat otomatis lebih mengandalkan platform online untuk memenuhi kebutuhan.

"Tidak akan terjadi pergerakan UMKM kalau kita tidak berkolaborasi. Hal ini sendiri dibuktikan dengan kisah bagaimana Gojek GoPay Tokopedia ini jadi GoTo, jadi satu dan mengembangkan UMKM seperti di Sentra Wisata Kuliner ini. Ada orang pesan jadi tidak harus datang karena bisa melalui digital, jadi bisa berjualan dari rumah. Pada saat itu Pemerintah harus jadi fasilitator, dan harus bangkit bersama," ungkap Eri.

Sebagai informasi, berbagai inisiatif yang memanfaatkan digitalisasi ini bakal terus didorong oleh GoTo untuk membantu UMKM beradaptasi dan tumbuh di tengah pandemi, mendorong daya beli konsumen pada produk lokal, hingga membantu mitra driver tetap produktif, sehat, dan aman.

(ncm/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT