Ini Kunci Sukses Perusahaan Hadapi Transformasi Digital

Ini Kunci Sukses Perusahaan Hadapi Transformasi Digital

Angga Laraspati - detikInet
Jumat, 26 Nov 2021 08:30 WIB
Jabat Tangan
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Di era industri 4.0, perusahaan diharuskan melakukan transformasi digital agar dapat tetap masuk ke dalam peta persaingan. Walau begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk bisa sukses menghadapi transformasi digital.

Untuk bersaing di dunia digital, perusahaan tentu harus memiliki berbagai cara dari A hingga Z, salah satunya transformasi digital. Cara ini dilakukan oleh perusahaan secara konstan untuk mengembangkan sistem bisnis, sambil mengurangi risiko dan biaya.

Dilansir dari Inc.com, sebuah survei yang dilakukan McKinsey di tahun 2020 menemukan perusahaan cenderung cepat mengimplementasikan teknologi secara digital. Sekitar setengah dari semua eksekutif perusahaan yang disurvei juga melaporkan peningkatan digitalisasi bagi pelanggan dan 35% lainnya melaporkan hal yang sama untuk rantai pasokan.

Tapi, yang harus diperhatikan, perusahaan jangan terlalu terburu-buru untuk melakukan transformasi digital. Sebaliknya, transformasi digital harus dilakukan secara bertahap dengan tetap gesit. Salah satunya dengan memanfaatkan cloud computing untuk meletakkan sistem internal ataupun eksternal perusahaan.

Cara tersebut terbilang sangat efektif, karena perusahaan tidak perlu menyediakan server fisik lagi untuk meletakkan sistem ataupun aplikasi perusahaan, sehingga mengurangi pengeluaran di muka yang besar.

Selain itu juga memudahkan tim IT perusahaan untuk konfigurasi dan menyiapkan sistem perusahaan karena dengan adanya menu dan berbagai fitur yang mempermudah.

Untuk itu, perusahaan harus mempercayai pengelola yang ahli di bidang cloud ini, salah satunya yaitu Huawei yang memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun di dunia ICT. Dengan Huawei Cloudnya, Huawei siap untuk mendukung perusahaan sukses di era digitalisasi dan tidak tertinggal dari perusahaan lainnya. Bahkan, perusahaan akan lebih terdepan dari pesaing.

Masih dari sumber yang sama, perubahan teknologi disamakan dengan serangkaian sprint pendek yang membentuk sebuah maraton atau merupakan proses yang berkelanjutan. Maksudnya adalah transformasi digital adalah sebuah proses panjang yang nantinya membuat suatu hal yang kuat.

Nantinya, transformasi digital memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi sebuah inovasi lebih cepat.

Transformasi digital juga memungkinkan perusahaan mendapatkan investasi teknologi, walau didapat dalam jangka waktu yang lama. Itulah sebabnya, banyak organisasi yang mulai mengadopsi solusi teknologi dalam menjalankan bisnisnya seperti cloud computing hingga AI.

Klik halaman selanjutnya >>



Simak Video "Menkeu Sri Mulyani: Transformasi Digital Kunci Bagi Pelaku UMKM"
[Gambas:Video 20detik]