Ingin Buat Website Khusus Film? 5 Referensi Ini Bisa Kamu Contoh!

Ingin Buat Website Khusus Film? 5 Referensi Ini Bisa Kamu Contoh!

Erika Dyah - detikInet
Rabu, 24 Nov 2021 09:05 WIB
Huawei
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Film dan serial TV kini tak hanya menjadi sarana hiburan semata. Lebih dari itu, keduanya mulai secara terbuka dibahas dan dikupas tuntas di berbagai platform, baik dengan gaya yang serius seperti dalam bentuk literatur, maupun dengan gaya santai dalam bentuk review di sosial media dan website film.

Diskusi dan literasi film kini juga semakin diminati oleh banyak orang. Tak cuma para profesional saja, masyarakat umum kini dapat ikut terlibat membicarakan soal karya sinematik yang dinikmatinya. Lewat berbagai situs film, masyarakat dapat mengakses informasi film secara lebih mudah sehingga tak lagi bingung untuk mencari tahu tentang film dari kreator atau genre tertentu yang sesuai dengan seleranya.

Bagi para pencinta film, kamu juga bisa ikut meramaikan skena perfilman lewat kritik dan review dalam sebuah wadah situs film. Untuk membuat situs/website buatanmu populer, tentunya kelancaran website juga perlu dipastikan. Kamu bisa mengandalkan dukungan Huawei Cloud untuk memastikan website buatanmu semakin lancar digunakan dan dapat memuat beragam konten unggulan.

Huawei Cloud memiliki beragam pilihan layanan yang bisa dimanfaatkan oleh pengembang situs (website developer), salah satunya layanan Content Delivery Network (CDN). Dengan dukungan Huawei Cloud CDN, website buatanmu bisa menampilkan segala konten yang teroptimalisasi dengan baik.

Ada 3 skenario yang ditawarkan dari layanan Huawei Cloud CDN, yakni Website Acceleration, Download Acceleration, dan VOD Acceleration. Untuk mengembangkan website film, kamu bisa gunakan skenario Website Acceleration yang akan mengakselerasi kecepatan situs sehingga end user atau pelanggan dapat dengan mudah memuat konten layanan.

Tak hanya bisa dimanfaatkan website film, skenario akselerasi ini juga berlaku untuk media, portal website, platform e-commerce, news apps, dan aplikasi UGC lainnya. Nama domainnya pun dapat dikonfigurasi dengan beberapa langkah sederhana.

Akan tetapi, sebelum membuat situsmu sendiri dan menentukan domainnya, kamu juga perlu mencari referensi situs film yang cocok untuk bisa meraih pasar yang tepat. Melansir hollywoodandwine.co, berikut 5 website film yang bisa kamu contoh untuk membuat website film yang menarik dan bermanfaat.

Letterboxd

Ingin buat website film layaknya jejaring sosial online khusus pencinta film? Letterboxd bisa jadi pilihan tepat sebagai referensi. Platform buatan Matthew Buchanan dan Karl von Randow ini merupakan situs yang bisa digunakan oleh komunitas pencinta film untuk berbagi ulasan serta pendapat mereka soal film yang dinikmati.

Bentuknya yang menyerupai Goodreads untuk film juga bisa menjadi rujukan untuk melacak film apa saja yang sudah pernah kamu tonton dan ulas. Kamu juga bisa mendapat referensi, daftar tonton, dan ulasan film dari para pengguna lainnya di sini.

Instant Watcher

Situs seperti Instant Watcher bisa menjadi favorit para pencinta film-film dan serial Netflix. Sebab, situs ini memiliki daftar semua tontonan yang dapat disaksikan di Netflix dan dapat diurutkan sesuai kategori atau popularitasnya.

Situs ini dapat membantu kamu saat ingin cepat melihat daftar film/serial apa saja yang sedang tren dan populer di Netflix. Fitur sortirnya juga membantu untuk melihat secara cepat film-film berdasarkan genre, rating, maupun tanggal rilisnya.

TV Time

Hampir mirip dengan Letterboxd namun khusus untuk serial TV, TV Time bisa bantu kamu mengikuti dan melacak acara TV, bahkan menandai episode yang telah ditonton. Kamu juga bisa membuat ulasan berisi pendapat mengenai suatu serial TV dan berinteraksi dengan para pengguna lain untuk saling bertukar pendapat.

Just Watch

Sudah berlangganan banyak situs streaming film tapi bingung mau nonton apa? Tak usah khawatir, karena situs ini memungkinkan kamu untuk melihat daftar tontonan yang baru dan populer pada hampir semua layanan streaming online. Mulai dari Netflix, Amazon Prime Now, Hulu, HBO, dan lain-lain. Sehingga, kamu dapat mencari tahu tentang film atau serial TV apa saja yang populer dengan mudah dan tak lagi bingung saat streaming online.

IMDb

Situs yang satu ini barangkali sudah tak asing lagi di telinga banyak orang, sehingga situs ini bisa dijadikan acuan yang tepat saat ingin membuat website film.

IMDb berisi sumber informasi resmi tentang film, pertunjukan, aktor, atau profesional industri film apa pun. Pengguna dapat membuat akun dan ikut menambahkan sejumlah informasi ke daftar IMDb. Tak hanya itu, pengguna juga bisa memberikan ulasan dan penilaian/rating tentang film yang mereka tonton. Sehingga, situs ini bisa menjadi sumber informasi bagi penonton lainnya.

Itu dia 5 website film populer yang bisa kamu jadikan referensi untuk dapat menarik masyarakat, khususnya pencinta film, dalam menuangkan ide seputar film maupun serial yang mereka tonton. Jika sudah menentukan referensi yang dirasa cocok, kamu bisa segera memanfaatkan layanan Cloud dari Huawei.

Selain dapat memuat beragam konten, Huawei Cloud CDN juga mampu menyediakan layanan akselerasi nasional untuk konten statis yang tersedia dalam nama domain yang telah ditentukan sebelumnya. Tak hanya itu, layanan ini juga memiliki keunggulan soal Content Management dengan menyediakan serangkaian fungsi manajemen konten yang kaya, sehingga dapat membantu pengguna mengelola konten di seluruh jaringan dengan mudah. Tentunya, layanan ini bisa kamu manfaatkan untuk mengatur konten soal film atau serial TV, baik dalam bentuk ulasan maupun bentuk informasi lainnya yang menarik dengan lebih mudah.

Soal keamanan pun tak perlu diragukan lagi, Huawei Cloud CDN dilengkapi akselerasi aman dengan konfigurasi HTTPS dan validasi URL perujuk yang memiliki keamanan yang tinggi.

Sebagai informasi, kamu juga bisa ikut berpartisipasi dalam #PLAYCLOUDHINT yang diadakan oleh Huawei Cloud Indonesia dalam merayakan 10k followers-nya. Program ini berlangsung dalam periode 12 November hingga 3 Desember 2021.

Huawei Foto: Huawei

Melalui program ini, Huawei Indonesia ingin terus berinovasi lebih dengan support dari masyarakat Indonesia. Yuk, tunjukkan support-mu untuk dukung inovasi Huawei Cloud Indonesia dengan ikuti promo berhadiah Huawei Mate Pad. Follow @huaweicloudindonesia dan ikuti mekanismenya di Instagram untuk mendapatkan hadiahnya.

Jangan lupa manfaatkan Huawei Cloud CDN yang dapat mendukung akselerasi website film buatanmu dengan dapatkan informasinya lebih lanjut di sini.



Simak Video "Jakarta Film Week 2021 Diharapkan Jadi Penggerak Pemulihan Ekonomi"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)