Era Digitalisasi, Ini Manfaat UMKM Punya QRIS

Era Digitalisasi, Ini Manfaat UMKM Punya QRIS

Eqqi Syahputra - detikInet
Jumat, 15 Okt 2021 20:53 WIB
QRIS
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Di era digitalisasi saat ini, masyarakat dituntut untuk beradaptasi demi mengikuti perkembangan teknologi yang ada, tak terkecuali untuk para pelaku usaha mikro kecil & menengah (UMKM). Persaingan usaha yang makin kreatif dan ketat saat ini tentu membutuhkan adaptasi teknologi di dalamnya.

Salah satu tren kemajuan tersebut yakni adanya sistem pembayaran digital bernama Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). QRIS adalah standardisasi QR Code pembayaran yang ditetapkan oleh Bank Indonesia (BI) untuk memfasilitasi transaksi pembayaran di seluruh Indonesia.

Semua penyelenggara jasa sistem pembayaran yang akan menggunakan QR Code diwajibkan oleh BI menerapkan QRIS. Hal ini tentunya didorong oleh BI agar UMKM dapat beradaptasi menuju era digital dan memiliki banyak keuntungan. Melansir dari berbagai sumber, ini keuntungan dari penerapan QRIS bagi UMKM.

1. Transaksi Mudah

Dengan menggunakan QRIS, maka usaha milikmu hanya memerlukan satu QR Code saja. Dengan begitu, hal tersebut akan membuat kegiatan transaksi menjadi lebih cepat dan mudah karena kamu tidak perlu memikirkan biaya kembalian dari konsumen, serta menghindari antrian pembayaran yang panjang.

2. Alternatif Pembayaran

Di era yang serba mudah, kebanyakan konsumen malas untuk membawa uang cash. Dengan menggunakan QRIS, maka konsumen dimudahkan dengan pembayaran digital dari e-wallet mereka, tanpa harus khawatir akan ketersediaan QR Code untuk melakukan pembayaran. Dengan begitu, usaha milikmu akan menarik pasar yang lebih luas, yakni yang ingin membayar cash, maupun yang membayar lewat uang digital.

3. Mencegah Penipuan Pemakaian Uang Palsu

Dengan menggunakan QR Code, maka usahamu akan terhindar dari kecenderungan konsumen nakal yang membayar menggunakan uang palsu. Dengan pembayaran non-tunai, kamu juga akan lebih gampang mencatat pemasukan dan tidak perlu repot untuk menghitungnya terlebih dahulu.

4. Mudah Menjadi Merchant

Untuk jadi merchant, kamu tidak perlu melakukan pendaftaran satu per satu pada bank ataupun e-wallet yang berbeda-beda. Sebaliknya, kamu hanya perlu mendaftar pada QRIS, dan nantinya toko atau bisnis milikmu dapat menerima pembayaran dari aplikasi pembayaran apapun dengan mudah.

5. Mudah Dipantau dan Dianalisis

Dengan QRIS yang berbasis teknologi, tentunya seluruh histori transaksi akan tercatat dengan tepat dan lebih mudah terpantau secara real time, serta seluruh pengelolaan keuangan akan menjadi lebih mudah.

Pastinya dengan keuntungan-keuntungan tersebut makin membuat kamu ingin menggunakan QRIS dalam usaha kamu kan? UMKM milikmu juga bisa memanfaatkan DANA untuk meng-upgrade bisnismu.

DANADANA Foto: DANA

Dengan dompet digital DANA, konsumen bisa scan & bayar semua QRIS berlogo aplikasi apapun. Dengan begitu, pelangganmu tidak akan kerepotan dalam urusan membayar, karena DANA sudah mengakomodir semua aplikasi QRIS.

Dengan DANA, konsumen juga akan dimudahkan seperti top up hingga transfer yang semuanya gratis biaya admin. Tentunya ini akan menjadi perhitungan lebih bagi konsumen untuk menggunakan DANA pada sistem pembayaran di UMKM milikmu.

Tidak hanya sekadar scan, pengguna DANA juga bisa transfer uang secara praktis hanya dengan kirim link via chat. Kamu hanya tinggal masukin nominal di DANA lalu copy paste link-nya ke tujuan. Nantinya, si penerima bakal buka linknya dan terima uangnya.

Selain itu, konsumen juga bisa mengaktifkan Payment Authentication yang aman karena pembayarannya akan melalui PIN terlebih dahulu. Selain itu, ada Customer Care DANA 24 Jam yang siap membantu kamu maupun konsumen kapan pun.

Jadi, tunggu apa lagi? Upgrade usaha milikmu dengan bergabung bersama DANA Bisnis. Karena dengan DANA Bisnis, transaksi dengan pelanggan akan lebih mudah, banyak fitur menguntungkan, dan yang pastinya akan membuat usahamu semakin laris.

Untuk bergabung bersama dan info lebih lanjut mengenai DANA Bisnis, dapat kamu cek di sini.

(ncm/ega)