Jumat, 23 Nov 2018 11:15 WIB

Siap-siap! Kerja Bareng Kecerdasan Buatan Sudah di Depan Mata

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Apa yang terjadi jika kecerdasan buatan menjadi rekan kerja kita di masa depan? Apakah wujudnya akan seperti robot-robot ini? Foto: Internet Apa yang terjadi jika kecerdasan buatan menjadi rekan kerja kita di masa depan? Apakah wujudnya akan seperti robot-robot ini? Foto: Internet
Jakarta - Belum lama ini, stasiun televisi asal China membuat heboh lantaran menayangkan program berita yang dibawakan oleh kecerdasan buatan. Bentuknya pun sangat mirip sebagaimana pembawa acara berita pada umumnya.

Fenomena kecerdasan buatan alias artificial intelligence tidak berhenti sampai di situ. Bisa jadi, rekan kerja kalian adalah teknologi itu sendiri nantinya.




Hal ini ditunjukkan oleh data yang berasal dari IDC. Firma analisis tersebut mengungkapkan 51% dari perusahaan Indonesia mengatakan bahwa kecerdasan buatan akan menjadi teknologi paling krusial di organisasi mereka pada 2-3 tahun mendatang.

Sedangkan dalam jangka waktu yang lebih pendek, yaitu 12-18 bulan dari sekarang, hal-hal seperti otomasi, kecerdasan buatan, dan machine learning, juga menjadi pendekatan utama sejumlah perusahaan di Indonesia. Persentasenya (40%) mengalahkan kolaborasi (32%) dan pemasaran secara digital (25%).




Tanda-tandanya pun sudah mulai terlihat. Tengok saja sejumlah e-commerce yang menerapkan chatbot dalam melayani pelanggannya.

Hal tersebut juga sudah diterapkan oleh Lenovo. Mereka mengklaim chatbot sudah diterapkan baik secara internal perusahaan maupun eksternal, misalnya di toko online mereka.




Di samping itu, secara global, pada 2024 nanti, IDC memprediksikan 50% dari pekerjaan yang dilakukan berulang secara terstruktur akan dilakukan secara otomatis oleh teknologi. Selain itu, 20% pekerja akan memiliki software yang ditanami kecerdasan buatan sebagai 'rekan kerja'.

Apakah ini akan menjadi tanda nyata jika kecerdasan buatan dan robot akan mengambil alih pekerjaan manusia seperti banyak diprediksi? Menarik untuk ditunggu bagaimana perkembangan mereka dalam beberapa tahun mendatang.


(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed