Jumat, 05 Jan 2018 10:26 WIB

Baidu Garap Mobil Otonom 'Rasa' BlackBerry

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Baidu, yang sudah aktif mengembangkan teknologi mobil otonom kini bekerja sama dengan BlackBerry untuk meningkatkan kemampuan teknologi buatannya.

BlackBerry bukan perusahaan pertama yang digandeng Baidu dalam pengembangan mobil otonom tersebut. Sebelumnya, Baidu juga menggandeng Microsoft, Intel, Nvidia dan lainnya.

Kali ini, dalam kerja samanya dengan BlackBerry, Baidu memanfaatkan software QNX buatan perusahaan asal Kanada tersebut. QNX akan dijadikan dasar dari platform mobil otonom Baidu yang bernama Apollo.

Investor BlackBerry sepertinya sangat gembira dengan kerja samanya dengan Baidu. Hal ini ditandai dengan melonjaknya nilai saham BlackBerry, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Jumat (5/1/2018).

QNX Hypervisor 2.0 -- software yang dimaksud -- dikembangkan oleh divisi QNX BlackBerry, dan memang disiapkan untuk menjadi inti dari sistem komputer yang kompleks di mobil otonom.

Baidu sendiri sudah mengkonfirmasi akan menggunakan software ini di dalam platform mobil otonomnya yang bernama Apollo. Hal ini disebut bisa menggenjot pengembangan platform tersebut dari prototipe menjadi sistem yang siap diproduksi.

Bagi BlackBerry sendiri, kerja sama ini adalah kemenangan besar. Pasalnya, mereka bisa menjajaki pasar mobil otonom di China. Ditambah lagi, BlackBerry punya kesempatan untuk bertransformasi dari perusahaan hardware menjadi perusahaan software. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed