5 Cara Pantau CCTV dan Cek Kemacetan Arus Balik

5 Cara Pantau CCTV dan Cek Kemacetan Arus Balik

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 06 Mei 2022 11:35 WIB
traffic jam
Cara Pantau CCTV dan Cek Kemacetan Arus Balik: Foto: Getty Images/dmf875
Jakarta -

Puncak arus balik Lebaran 2022 diprediksi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terjadi pada 6-8 Mei 2022. Karenanya, penting buat kamu yang sedang balik dari mudik untuk mengetahui cara mengecek kemacetan di jalur yang kamu lewati.

Tak usah bingung karena memantau CCTV dan kemacetan arus balik bisa dilakukan lewat genggaman, dengan mengakses aplikasi atau website. Dirangkum detikINET, berikut cara pantau CCTV dan cek kemacetan arus balik, di antaranya:

1. Travoy

Milik PT Jasa Marga, Travoy bisa dipakai untuk mengecek CCTV jalan tol Trans Jawa. Ada juga fitur untuk mengecek tarif tol, cek dan isi saldo e-toll, sampai daftar rest area. Travoy dapat diunduh di App Store maupun Google Play Store.

2. ATCS Dishub

Live streaming CCTV dari Dinas Perhubungan (Dishub) ada di kota atau kabupaten tertentu. Tayangan pantauan lalu lintas CCTV online ATCS Dishub bisa diakses tergantung wilayah. Misalnya CCTV ATCS Dishub Kota Bandung bisa diakses di https://atcs-dishub.bandung.go.id/.

3. RTTMC Kemenhub

Pantau kemacetan bisa pakai website RTTMC Kemenhub. Link live streaming CCTV bisa dikunjungi di https://rttmc.dephub.go.id/rttmc/livecctv. Ada lebih dari 30 pantauan lalu lintas CCTV di daerah yang rawan macet, contohnya Nagreg.

4. Google Maps

Google Maps bisa diandalkan untuk melihat ruas jalan yang dipadati dengan menelaah warna yang ada pada garis jalan. Semakin gelap warnanya, semakin padat atau macet jalanan.

5. Waze

Selain dengan Google Maps, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Waze. Mirip dengan Google Maps, kemacetan bisa dilihat dari warna. Merah untuk macet, kuning untuk sedang, dan abu-abu untuk kondisi jalanan lancar.

[Gambas:Youtube]



(ask/agt)