Baru Pindah ke Signal? Simak 5 Tips Berikut Ini

Baru Pindah ke Signal? Simak 5 Tips Berikut Ini

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 11 Jan 2021 16:15 WIB
aplikasi pesan Signal
Baru Pindah ke Signal? Simal Dulu 5 Tips Berikut Ini Foto: Istimewa
Jakarta -

Signal mendadak kebanjiran pengguna baru yang hijrah dari WhatsApp karena kebijakan privasi terbarunya. Popularitasnya ikut melonjak setelah CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk merekomendasikan aplikasi messaging ini ke jutaan followers-nya.

Signal memang mengedepankan privasi sebagai fitur utamanya. Aplikasi ini menggunakan enkripsi end-to-end yang aktif secara default dan merupakan organisasi nirlaba.

Karena dijalankan sebagai organisasi nirlaba, layanan ini tidak mengumpulkan data pengguna. Sebelumnya, Signal banyak digunakan oleh aktivis, orang-orang di komunitas hacker atau mereka yang peduli akan privasi.

Signal tidak memiliki banyak fitur kustomisasi seperti WhatsApp. Meski jauh lebih sederhana, Signal memiliki beberapa fitur yang bisa membuat percakapan lebih aman dan nyaman.

Berikut lima tips dan trik menggunakan fitur-fitur Signal, seperti dikutip detikINET dari Gadgets 360, Senin (11/1/2021).

1. Aktifkan screen lock

Signal memiliki fitur screen lock yang akan mengunci aplikasi meski ponsel dalam keadaan terkunci. Artinya jika ingin membuka aplikasi kalian harus menggunakan PIN atau metode lainnya. Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk ke menu Settings di aplikasi Signal, lalu Privacy dan aktifkan toggle Screen Lock.

2. Matikan notifikasi Joined Signal

Karena banyak orang di kontak kalian yang bergabung dengan Signal, ponsel kalian pasti akan ramai dengan notifikasi yang memberitahu jika seseorang memiliki akun baru.

Hal ini bisa mengganggu, apalagi jika notifikasi yang masuk sampai beruntun. Untungnya notifikasi seperti ini bisa dimatikan, caranya dengan masuk ke Settings, lalu Notifications, lalu klik toggle Contact Joined Signal untuk mematikannya.

3. Blur wajah di foto

Pengguna yang khawatir akan privasi juga pasti akan berhati-hati saat mengirimkan foto dengan wajah orang lain, kecuali sudah mendapatkan izinnya. Untungnya Signal memiliki fitur untuk memberikan efek blur pada wajah secara otomatis, yang juga bisa digunakan untuk mengaburkan bagian foto lainnya, misalnya informasi di KTP.

Untuk menggunakan fitur ini, pilih foto yang hendak dikirim, lalu klik tombol Blur yang ada di layar, setelah itu aktifkan toggle Blur faces. Kalian bisa menggambar di bagian layar lainnya secara manual untuk mengaburkan informasi tambahan.

4. Hapus pesan secara otomatis

WhatsApp baru-baru ini merilis fitur hapus pesan otomatis atau disappearing messages. Ternyata Signal sudah memiliki fitur ini terlebih dahulu.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan yang telah dikirim secara otomatis setelah batas waktu tertentu. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka salah satu percakapan di Signal, klik nama kontak lalu aktifkan toggle Disappearing Messages, lalu geser timer untuk menentukan berapa lama pesan ini bisa dilihat.

5. Hapus foto dan video secara otomatis

Signal memungkinkan pengguna untuk membatasi berapa kali pengguna lainnya bisa melihat foto dan video yang dikirim. Jika sudah melewati batas, konten tersebut tidak akan bisa dilihat lagi.

Fitur ini serupa tapi tak sama dengan fitur disappearing messages. Bedanya, foto dan video yang dikirim lewat fitur ini bisa dilihat berminggu-minggu setelah dikirim, tapi hanya bisa dilihat sekali atau beberapa kali sesuai batasnya.

Untuk menggunakan fitur ini, pilih foto atau video yang hendak dikirim, lalu klik ikon tanda infinity yang ada di sudut kiri bawah. Lalu kirim attachment seperti biasa.



Simak Video "Mengenal Pendiri Telegram dan Signal yang Kerap Menyerang WhatsApp"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)