Mengenal Signal, Alternatif WhatsApp Rekomendasi Elon Musk

Mengenal Signal, Alternatif WhatsApp Rekomendasi Elon Musk

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 09 Jan 2021 20:45 WIB
aplikasi pesan Signal
Aplikasi Signal. Foto: Istimewa
Jakarta -

Beberapa jam setelah ada perubahan pada privacy policy pada WhatsApp, pria terkaya di dunia tahun 2021 Elon Musk menuliskan cuitan. Ia menyenggol netizen seakan menyindir untuk menggunakan aplikasi lain.

"Use Signal," tulis bos SpaceX dan Tesla tersebut.

Ketentuan terbaru WhatsApp diketahui membuat Facebook bisa memiliki nomor telepon, IP Address, dan informasi perangkat mobile yang digunakan. Tentunya aturan terbaru ini sangat sensitif dan menuai banyak protes mengingat data adalah hal yang sangat penting di era sekarang. Nah, apa itu Signal?

Signal Private Messenger adalah alternatif lain dari WhatsApp. Co-founder dari WhatsApp Brian Acton meninggalkan perusahaan setelah Facebook mengambil WhatsApp dan pindah untuk memimpin Signal Foundation bersama Moxie Marlinspike.

Mirip WhatsApp, Signal menawarkan fitur yang hampir sama dengan WhatsApp versi awal-awal. Aplikasi ini juga disebut-sebut menawarkan privasi yang lebih baik. Ada juga end-to-end encryption, powered by Signal Protocol.

Ya, kelebihan dari Signal diklaim adalah keamanannya karena terenskripsi serta dinyatakan anti sadap. Teknologinya yang bernama The Signal Protocol, ternyata juga digunakan di WhatsApp, Facebook Messenger, Skype dan lainnya.

Untuk bergabung dengan Signal, pengguna bisa mendaftar dengan nomor telepon. Pengguna tinggal menuliskan nama dan juga memperbaharui foto profil. Signal tersedia di ponsel Android maupun iOS. Juga ada versi desktop untuk Linux, Windows dan macOS.

Acton sendiri mengguyur Signal dengan investasi senilai USD 50 juta. Pendanaan itu digunakan untuk mengembangkan Signal, seperti dikatakan co founder Signal, Moxie Marlinspike.

"Mungkin yang paling signifikan adalah kedatangan Brian berarti kehadiran engineer yang berbakat luar biasa dan visioner dengan pengalaman dekade membangun produk sukses," tandasnya

Oh ya,Signal juga sama sekali tidak disusupi iklan. "Tidak ada iklan, tidak ada pengintaian. Hanya teknologi terbuka untuk pengalaman messaging yang cepat, sederhana dan aman," sebut Whisper Systems di websitenya.



Simak Video "Jutaan Pengguna WhatsApp Beralih ke Signal dan Telegram"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)