5 Life Hack Nonton Netflix Saat Liburan Natal

5 Life Hack Nonton Netflix Saat Liburan Natal

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 24 Des 2020 20:15 WIB
Netflix
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Liburan Natal sudah tiba! Jangan sedih kalau gak bisa ke mana-mana, karena kalian bisa santai-santai di rumah nonton Netflix dengan memanfaatkan sejumlah life hack.

Dengan berbagai konten yang luas dan lengkap, Netflix memang jadi salah satu layanan streaming paling populer di dunia saat ini. Meski begitu, menavigasi katalog Netflix bisa cukup merepotkan. Pasalnya, film punya kecenderungan menghilang sesekali, bahkan di banyak negara konten tertentu sama sekali tidak dapat diakses.

Nah, 5 life hack praktis yang dikutip dari blog Kaspersky berikut ini, akan menjadikan pengalaman menonton Netflix jadi lebih mudah dan tetap aman.

1. Cara temukan kategori konten tersembunyi

Netflix memungkinkan kalian melakukan pencarian konten berdasarkan judul, pemeran, genre, dan sebagainya. Jika mencarinya lewat judul film dan nama aktor, itu cukup mudah. Tapi, kalau menyangkut genre, jumlah kategori dan subkategori yang banyak, dapat membingungkan.

Untuk mengatasi masalah pencarian berdasarkan genre, para penggemar film menyusun daftar kode kategori Netflix. Kode dilampirkan ke URL yang mengarahkan pengguna ke koleksi acara dan film dari genre dan subgenre yang relevan.

Untuk membuka koleksi tertentu, cukup ketik https://www.netflix.com/browse/genre/#### di bilah alamat browser, ganti #### dengan kode
kategori. Kalian bisa lihat daftar kategorinya di sini.

2. Cara nobar virtual

Karena pandemi COVID-19 dan pembatasan sosial, berkumpul secara fisik untuk nonton bersama teman susah dilakukan, termasuk saat liburan Natal sekarang.

Kalian bisa saja saling terhubung ke Zoom dan mencoba nonton bareng sambil menggunakan berbagai platform meeting online lainnya. Tapi kemungkinan besar, koneksi yang dimiliki masing-masing orang berbeda, sehingga akan sulit untuk berinteraksi.

Masalah sinkronisasi jarak jauh ini memunculkan ide membuat Teleparty, yaitu plugin gratis untuk Google Chrome. Dengan aplikasi ini, kalian bisa nonton bareng film dan acara TV favorit tak hanya di Netflix, tetapi juga di Disney+, Hulu, atau HBO, seakan seluruh anggota berada di ruangan yang sama. Platform ini juga dilengkapi fitur obrolan untuk mendiskusikannya.

Salah satu kendala Teleparty adalah ketidakmampuannya untuk membiarkan partisipan berbagi satu akun, seperti yang dilakukan orang-orang selama berkumpul langsung. Untuk sesi jarak jauh, setiap orang membutuhkan akun mereka sendiri yang mampu men-streaming siaran yang sama.

Cukup pilih video yang diinginkan, buka plugin, gunakan untuk membuat tautan, kirim tautan tersebut ke teman-teman kalian, dan mulai menonton. Kalian bisa nobar virtual deh!

3. Cari rekomendasi film berdasarkan suasana hati

Netflix memungkinkan pengguna membuat beberapa profil dalam satu akun, misalnya, untuk anggota keluarga. Fitur ini juga dapat berguna bagi
orang-orang yang hanya ingin memaksimalkan sistem rekomendasi Netflix. Itu karena layanan akan mempelajari preferensi penggunanya dari riwayat penayangan, suka dan tidak suka, serta interaksi lain dengan user interface.

Bagaimana kalau ingin rekomendasi yang ditampilkan bergantung pada suasana hati? Misalnya, pada sore hari yang cerah, kalian mungkin dalam mood untuk menonton genre rom-com. Tanpa konteks atau akses menebak mood kita, Netflix hanya bisa mengira-ngira.

Kalian bisa gunakan profil untuk menyampaikan keragaman minat. Buatlah beberapa dan gunakan sebagai playlist seperti misalnya: "film romantis", "tonton dengan teman", "di gym", "film menguras air mata", dan seterusnya. Selain itu, kalian juga bisa mengatur profil terpisah untuk film yang ingin dirahasiakan, dan membukanya hanya saat sendirian.

Selanjutnya: Cari tahu rilis terbaru di Netflix