Akun WhatsApp Dibajak, Begini Cara Menyelamatkannya

Dunia WhatsApp

Akun WhatsApp Dibajak, Begini Cara Menyelamatkannya

tim - detikInet
Sabtu, 31 Okt 2020 20:14 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

Di era digital seperti sekarang, WhatsApp sangat diandalkan dalam berkomunikasi, baik berinteraksi dengan teman, pekerjaan, maupun keluarga. Betapa pusingnya, bila tiba-tiba akun WhatsApp dibajak hacker. Ini cara menyelamatkan WhatsApp yang dibajak.

WhatsApp karena menyangkut hajat hidup orang banyak, menjadi santapan hacker atau peretas untuk melakukan tindakan kejahatannya. Ada baiknya kalian mewaspadai sebelum pembobolan layanan pesan instan ini berpindah tangan ke orang asing.

Ada sejumlah tanda yang bisa detikers ketahui ketika akun WhatsApp dibajak, seperti dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Sabtu (31/10/2020).

Tanda-tanda WhatsApp dibajak:

1. Tiba-tiba akun Keluar

Akun WhatsApp tidak bisa digunakan di dua HP secara bersamaan. Selain itu, tanda ini juga dibarengi dengan menerima One Time Password (OTP) melalui SMS secara tiba-tiba.

2. Ada pesan asing terkirim

Cara lainnya dengan melihat adanya pesan asing yang terkirim. Padahal, tidak mengirim pesan apapun kepada seseorang yang dituju.

3. Pesan terbaca

Tanda centang biru pada WhatsApp bisa menjadi cara mengetahui WhatsApp disadap jarak jauh. Kalau centang biru padahal penerima pesan belum membacanya, waspadalah.

4. Online sendiri

Bila akun WhatsApp menunjukkan online, padahal sedang tidak aktif bisa jadi WhatsApp sedang dibajak.

5. WhatsApp Web tiba-tiba aktif

Cara mengeceknya cukup mudah, pengguna hanya perlu klik ikon tiga titik di kanan atas akun WhatsApp. Kemudian, pilih WhatsApp Web. Di sana akan terlihat informasi di mana saja akun WhatsApp tengah akitf. Bila pengguna merasa tidak aktif menggunakan WhatsApp Web, segera klik log out atau keluar.

Halaman selanjutnya: merahasiakan OTP...