Cara Sharing Printer di Windows Melalui Jaringan Super Mudah

Cara Sharing Printer di Windows Melalui Jaringan Super Mudah

Puti Yasmin - detikInet
Kamis, 09 Jul 2020 19:33 WIB
Printer HP
Cara Sharing Printer di Windows Melalui Jaringan Super Mudah (Foto: HP)
Jakarta -

Printer merupakan salah satu barang yang sangat diperlukan baik untuk keperluan di kantor maupun di rumah. Alat ini lebih praktis jika bisa digunakan bersama banyak orang dengan fitur sharing. Bagaimana cara sharing printer di Windows?

Menggunakan fitur sharing bisa lebih menghemat biaya. Pasalnya tak harus disediakan satu printer untuk setiap perangkat PC atau laptop yang ingin menggunakan mesin pencetak tersebut. Untuk mereka yang kerja kantoran, hal ini tentu akan berguna sekali.

Berikut cara sharing printer di Windows dikutip dari buku 'Cara Mudah Membangun Jaringan Komputer & Internet' terbitan Mediakita:

1. Cara Sharing Printer dengan Kabel LAN

Pertama-tama, klik 'Start' dan pilih 'Printer and Faxes'. Kemudian pada icon printer tersebut klik kanan dan pilih 'Sharing'. Selanjutnya, akan muncul kotak dialog Properties dan klik tab 'Sharing' dan pilih 'Share this printer'.

Lalu, beri nama printer tersebut pada kolom 'share name' yang tersedia dan klik
'ok'. Tunggu beberapa saat, dan coba gunakan untuk melihat hasil print apakah berhasil atau tidak.

2. Cara Gunakan Printer Sharing

Untuk menggunakan printer sharing, pertama-tama klik 'Start' lalu pilih 'Printer and Faxes'. Selanjutnya, klik kanan pada sembarang tempat dan pilih 'Add Printer dan akan layar muncul kotak 'Add Printer Wizard'.

Klik 'next' lalu pilih opsi 'A Network Printer' dan klik 'Next'. Kemudian, klik lagi pada kolom 'Connect to this printer; dan 'Next'. Isi nama printer dan klik next kembali. Terakhir, atur apakah printer sharing tersebut akan menjadi default atau tidak dan klik 'Finish'.

Selamat mencoba cara sharing printer!



Simak Video "Semenit Rindu: Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)