Solusi Internet Keluarga Lebih Hemat, Tak Perlu Takut Kehabisan Kuota!

Solusi Internet Keluarga Lebih Hemat, Tak Perlu Takut Kehabisan Kuota!

ADVERTISEMENT

Solusi Internet Keluarga Lebih Hemat, Tak Perlu Takut Kehabisan Kuota!

Jihaan Khoirunnisa - detikInet
Senin, 19 Des 2022 11:36 WIB
Ilustrasi Shutterstock
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Pandemi COVID-19 banyak mengubah kebiasaan dan gaya hidup masyarakat di seluruh dunia. Aktivitas seperti bekerja dan sekolah tatap muka beralih ke online.

Meski saat ini COVID-19 tengah menuju fase endemi, namun aktivitas online nyatanya masih melekat. Bahkan telah mendorong masyarakat untuk semakin melek dan adaptif dengan dunia digital yang hybrid.

Pengguna Internet RI Melonjak Tajam

Tingkat adopsi digital masyarakat pun terus meningkat. Diketahui, Indonesia masuk ke dalam jajaran negara dengan jumlah pengguna internet terbesar di dunia. Bahkan tren jumlah pengguna internet di RI meningkat pesat, khususnya dalam 5 tahun terakhir.

Data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 2022 menunjukkan penetrasi internet Indonesia sudah mencapai 77,02%. Data We Are Social juga melaporkan adanya kenaikan pada jumlah pengguna internet di Tanah Air yang mencapai 204,7 juta per Januari 2022, naik tipis 1,03% dibandingkan tahun sebelumnya. Jika dibandingkan dengan tahun 2018, maka jumlah ini meningkat sebesar 54,25%.

Menyambut Era Konvergensi RI

Belakangan ini layanan konvergensi internet santer terdengar dari para provider. Internet yang menggabungkan layanan fixed line broadband dan mobile internet dalam satu layanan ini dinilai lebih hemat, praktis, dan efisien. Dengan layanan konvergensi internet, pengguna bisa nyaman internetan di mana saja, baik di dalam maupun luar rumah.

Ketua Umum APJII Muhammad Arif mengatakan saat era konvergensi sudah mulai berjalan, dengan banyaknya pemain Internet Service Provider (ISP) di Indonesia saat ini akan memicu konsolidasi di level fixed broadband dengan pemain-pemain seluler untuk memperluas coverage serta mempercepat penetrasi internet.

"Biaya menjadi pertimbangan utama, khususnya bagi segmentasi pasar retail. Produk konvergensi yang mengombinasikan layanan fixed broadband dan seluler menjadi solusi yang bagus bagi masyarakat, karena memberikan kemudahan yaitu satu solusi untuk beberapa hal sekaligus dan harga yang lebih terjangkau untuk pengguna. Solusi ini diharapkan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap suatu merek," ujar Arif.

Salah satu layanan konvergensi internet yang ada yakni Link Net bersama XL Axiata. Produk ini merupakan gabungan dari layanan internet berkecepatan tinggi tanpa batasan kuota, konten streaming, TV kabel serta penyimpanan online milik First Media dengan Paket Kuota Bersama XL. Dengan produk kolaborasi ini, akan mempermudah pelanggan First Media untuk menikmati akses internet saat sedang melakukan berbagai aktivitas di luar rumah.

"Kolaborasi ini kami lakukan sebagai bentuk nyata kepedulian First Media guna melayani kebutuhan internet pelanggan secara menyeluruh, baik untuk di dalam rumah ataupun di luar rumah, melalui penyediaan konvergensi layanan pita lebar berbasis kabel (fixed line broadband) dan layanan mobile internet. Di samping itu, sinergi ini juga bertujuan meningkatkan kualitas layanan produk First Media dengan menawarkan layanan inovatif untuk pasar yang lebih luas," kata Director & Chief Commercial Officer Link Net Victor Indajang.

Ilustrasi ShutterstockFoto: Shutterstock

Internetan Makin Cepat dan Hemat Pakai Produk Kolaborasi First Media & XL

Lalu apa saja sih keuntungan produk kolaborasi antara First Media dan XL bagi pengguna?

1. Bebas Internetan di Rumah Sepuasnya

Untuk penggunaan di dalam rumah, Anda dapat mengakses layanan internet cepat tanpa batasan kuota alias unlimited dari First Media yang dapat disesuaikan kebutuhan, dengan kecepatan hingga 1 gigabit per detik (Gbps).

Tidak hanya itu, pelanggan juga dapat menikmati hiburan TV kabel lebih dari 200 channel, konten streaming melalui aplikasi seperti FirstMediaX, Lionsgate Play, Viu, CATCHPLAY+, dan HBO GO, serta penyimpanan online First+ Cloud hingga 1 TB.

Layanan ini pastinya bisa diandalkan untuk mendukung berbagai aktivitas sehari-hari, seperti bekerja, belajar, bisnis online, mengakses media sosial dan konten hiburan seperti nonton video streaming, bermain game, dan lainnya.

2. Internetan dengan Kuota Besar di Luar Rumah

Sedangkan untuk penggunaan di luar rumah, pelanggan First Media memiliki kemudahan melalui Paket Kuota Bersama dari XL. Paket data internet yang diberikan memiliki kuota besar hingga 100 GB, jadi nggak perlu takut kehabisan kuota di tengah jalan deh. Selain itu, Anda juga bisa berbagi kuota maksimal hingga empat anggota keluarga atau kerabat sesama pengguna XL.

Bagi pelanggan aktif First Media yang juga pengguna XL prabayar, terdapat layanan tambahan Paket Kuota Bersama dengan berbagai pilihan paket, di antaranya:

  • 15 GB seharga Rp 35 ribu/bulan (2 anggota)
  • 25 GB seharga Rp 45 ribu/bulan (2 anggota)
  • 50 GB seharga Rp 85 ribu/bulan (3 anggota)
  • 100 GB seharga Rp 145 ribu/bulan (4 anggota).

Bagi pelanggan yang melakukan aktivasi Paket Kuota Bersama pasca peluncuran, maka Anda dapat menikmati harga promo di atas selama periode tiga bulan pertama, lho.

Ilustrasi ShutterstockFoto: First Media

Produk kolaborasi First Media dengan XL ini dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan First Media, baik pelanggan lama maupun pelanggan baru. Supaya lebih mempermudah pengguna, pembayaran dilakukan dengan satu pintu saja, yakni melalui tagihan First Media.

Jadi nggak perlu repot bayar dua kali, karena hanya perlu melakukan pembayaran dalam satu tagihan untuk kebutuhan internet di dalam rumah, dan kuota internet untuk menunjang aktivitas berselancar internet di luar rumah masing-masing anggota keluarga. Lebih efisien bukan?

Sebagai informasi, pembelian produk kolaborasi dapat dilakukan melalui website https://firstmedia.com/PaketKuotaBersama. Atau dapat menghubungi customer service (1500 595), sales center (1500 290) dan sales agents.

Setelah pembelian dilakukan, Anda akan menerima email konfirmasi dan bisa mendaftarkan nomor XL prabayar sebagai penerima dan pengelola Paket Kuota Bersama. Selanjutnya, Anda bisa dengan mudah melakukan pengaturan paket, seperti menambah, mengurangi, atau mengganti anggota, serta mengatur dan memonitor pemakaian kuota untuk setiap anggota melalui aplikasi myXL.

(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT