Harga Terbaru Tarif Internet Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren dengan PPN 11%

Harga Terbaru Tarif Internet Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren dengan PPN 11%

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 05 Apr 2022 20:34 WIB
Telkomsel
PPN 11% Berlaku, Harga Terbaru Tarif Internet Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren. Foto: Telkomsel
Jakarta -

Operator seluler menyesuaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 menjadi 11%. Yuk, simak harga paket internet terbaru Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison, XL Axiata, dan Smartfren.

Berdasarkan regulasi terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah, seperti tertuang pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan, PPN 11% berlaku pada tanggal 1 April 2022 dan di 1 Januari 2025 akan naik menjadi 12%.

"Tentu saja (akan menyesuaikan tarif PPN-red) karena itu regulasi pemerintah mengikuti kenaikan 10% menjadi 11%," ujar Vice President Brand and Marketing Communications Telkomsel, Abdullah Fahmi beberapa waktu lalu.

Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan, perusahaannya juga telah menginformasikan kenaikan tarif PPN 11% ini kepada para pelanggan dan menyesuaikannya.

"Seluruh aktivitas transaksi bisnis yang dilakukan XL Axiata akan memberlakukan nilai PPN sebesar 11% sesuai dengan ketentuan dan aturan yang baru tersebut," kata Ayu.

Begitu juga dengan Indosat Ooredoo Hutchison demikian sikapnya terkait kenaikan PPN 11% ini.

"Pada prinsipnya kami akan mematuhi setiap peraturan perpajakan yang berlaku, dengan tetap berkomitmen untuk terus menjaga kualitas layanan dan produk terbaik bagi pelanggan serta menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia," tutur Steve Saerang, SVP-Head Corporate Communications Indosat Ooredoo.

Setali tiga uang, Smartfren juga demikian akan mengikuti kenaikan PPN 11%.

"Smartfren selalu mengikuti kebijakan pemerintah, demikian juga dalam hal perubahan PPN menjadi 11%. Pada saat peraturan tersebut diberlakukan maka PPN akan mengikuti aturan baru," ungkap Deputy CEO Mobility Smartfren, Sukaca Purwokardjono.

Halaman berikutnya daftar harga paket terbaru setelah diberlakukannya PPN 11%