Catat! Ini Daftar Lengkap Area yang ada Sinyal 5G di Indonesia

Catat! Ini Daftar Lengkap Area yang ada Sinyal 5G di Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 21 Sep 2021 21:20 WIB
Uji Kualitas Jaringan 5G di Solo
Catat! Ini Daftar Lengkap Area yang ada Sinyal 5G di Indonesia. Foto: Telkomsel
Jakarta -

Ada tiga operator seluler yang sudah diizinkan pemerintah untuk menggelar layanan 5G secara komersial di Indonesia, yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata.

Ketiga operator seluler tersebut telah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) usai lulus Uji Laik Operasi (ULO).

Sejak Indonesia memasuki era 5G pada Mei 2021, tercatat ada sembilan kota di tanah air yang merasakan internet 5G, di antaranya wilayah Jabodetabek, Bandung, Batam, Balikpapan, Makassar, Surakarta, Surabaya, Denpasar, dan Medan.

"Ke depannya, kita semua berharap ya kita tentu harus menjaga agar komersialisasi 5G dapat berkembang dengan baik di Indonesia," harap Menkominfo Johnny G. Plate.

Pemerintah Indonesia menerapkan Kebijakan Teknologi Netral dalam implementasi layanan 5G. Itu artinya, dengan kebijakan tersebut, maka operator seluler diberikan keleluasaan untuk mengimplementasikan dan memilih teknologi seluler terbaru dalam pemanfaatan pita frekuensi radio yang telah ditetapkan di dalam izinnya.

"Jadi operator seluler mempunyai keleluasaan untuk memilah, memilih dan menentukan pilihan teknologi yang mana yang tepat," tutur Johnny.

"Tentu dengan harapan tetap kita jaga agar ya kemudahan kecepatan dalam layanan purnajual juga bisa dilakukan dengan baik. Dan communality system yang ada di Indonesia tetap berlangsung sehingga tidak terjadi over cost di dalam pemeliharaannya," jelas Menkominfo.

Halaman Berikut Daftar Area Layanan 5G di Indonesia