Begini Cara Menggunakan Layanan VoLTE Telkomsel

Begini Cara Menggunakan Layanan VoLTE Telkomsel

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 17 Sep 2021 18:09 WIB
Sebagai upaya untuk memperkuat ekosistem 5G, Telkomsel memperluas layanan Voice over LTE alias VoLTE yang kini sudah hadir di 219 kota Indonesia.
Begini Cara Menggunakan Layanan VoLTE Telkomsel (Foto: Telkomsel)
Jakarta -

Sebagai upaya untuk memperkuat ekosistem 5G, Telkomsel memperluas layanan Voice over LTE alias VoLTE yang kini sudah hadir di 219 kota Indonesia.

Ke-219 titik layanan VoLTE Telkomsel itu tersebar di 230 kota/kabupaten yang ditargetkan operator seluler yang identik warna merah ini hingga akhir tahun 2021.

Perluasan jangkauan layanan VoLTE Telkomsel juga diiringi dengan perluasan kolaborasi bersama mitra perangkat ponsel pintar yang telah mendukung teknologi VoLTE. Lebih dari 100 tipe smartphone, yang terdiri dari berbagai brand seperti Advan, Evercross, Huawei, Oppo, Realme, Samsung, Vivo dan Xiaomi dapat menjajal VoLTE Telkomsel.

"Hadirnya teknologi jaringan VoLTE akan turut memperkuat perkembangan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, serta membuka lebih banyak peluang dan kesempatan bagi masyarakat dalam menjalani aktivitas keseharian dan meningkatkan produktivitasnya melalui pemanfaatan teknologi terkini," ujar Direktur Network Telkomsel Nugroho dalam siaran persnya, Kamis (16/9/2021).

Nugroho lebih lanjut menambahkan, perluasan cakupan jaringan VoLTE oleh Telkomsel merupakan bagian dari akselerasi peralihan jaringan 2G dan 3G ke 4G/LTE.

Dengan menggunakan layanan VoLTE, pelanggan dapat merasakan pengalaman panggilan telepon yang lebih lancar, cepat, dan jernih dibanding panggilan konvensional ataupun Voice over IP (VoIP).

VoLTE juga memungkinkan pelanggan untuk melakukan panggilan suara berkualitas HD sambil menikmati akses internet baik itu browsing, bermain game, video streaming, secara bersamaan.

"Ke depannya, teknologi layanan Video Ring Back Tone (RBT) juga dapat diimplementasikan ketika pelanggan melakukan panggilan telepon suara atau video di jaringan VoLTE," jelas Nugroho.

Cara Menggunakan Layanan VoLTE Telkomsel:

1. Pastikan kartu SIM kalian sudah mendukung jaringan 4G Telkomsel
2. Pastikan pula bahwa di wilayah detikers tinggal sudah mendapat jangkauan layanan VoLTE Telkomsel
3. Kemudian periksa kembali, apakah gadget yang kalian miliki mendukung layanan VoLTE
4. Selain itu juga, sistem operasi smartphone detikers harus sudah di-upgrade ke versi terbaru
5. Atur jaringan smartphone ke VoLTE dengan cara: (1) masuk ke menu setting/pengaturan di HP kalian, lalu pilih "Mobile Networks". (2) Nyalakan tombol "VoLTE call" untuk mengaktifkan layanan VoLTE.



Pengembangan teknologi VoLTE juga merupakan perwujudan komitmen Telkomsel sebagai operator seluler 5G pertama di Indonesia, dalam membangun ekosistem 5G secara terukur.

Berbagai potensi use-case seperti layanan interactive calling dan interoperable communication juga merupakan bentuk pengembangan kapabilitas teknologi VoLTE, yang nantinya akan membuka peluang layanan suara dengan kualitas jauh lebih tinggi ketika dinikmati di jaringan 5G.

Mengetahui besarnya manfaat dari layanan VoLTE bagi pelanggan, Telkomsel mengakselerasi perluasan cakupan jaringan VoLTE hingga meningkat sekira 350% sejak awal 2021. Pengguna layanan VoLTE Telkomsel sendiri kini telah mengalami pertumbuhan sekira 80,9% sejak awal 2021.



Simak Video "Berapa Harga Paket 5G Telkomsel?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)