Telkomsel Lepas 4.000 Menara ke Mitratel, Apa Tujuannya?

Telkomsel Lepas 4.000 Menara ke Mitratel, Apa Tujuannya?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 05 Sep 2021 11:08 WIB
Memperkuat komitmen sebagai perusahaan guna menghadirkan layanan berkualitas dan kapasitas layanan broadband yang optimal, Telkomsel mengadopsi teknologi Open RAN (Radio Access Network).
Foto: Telkomsel
Jakarta -

Telkomsel melepas kepemilikan 4.000 unit menara telekomunikasi ke anak perusahaan Telkom, yaitu PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel). Aksi korporasi tersebut disebut sebagai strategi dalam penguatan portofolio bisnis perusahaan.

Kesepakatan yang ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Jual Beli (Sale and Purchase Agreement) antara Telkomsel dengan Mitratel pada 31 Agustus 2021 tersebut melengkapi aksi korporasi yang dilakukan kedua perusahaan untuk 6.050 unit menara telekomunikasi pada 2020 lalu.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, pihaknya terus melakukan transformasi portofolio perusahaan di bisnis digital melalui sejumlah langkah strategis.

Adapun pengalihan kemilikan tower ini menurutnya agar Telkomsel lebih fokus memperkuat eksistensi dan penetrasi inovasi dalam menggelar layanan digital.

"Dengan begitu, Telkomsel akan semakin memiliki lebih banyak sumber daya perusahaan yang dapat diarahkan untuk terus membuka peluang dan kesempatan dalam menguatkan ekosistem gaya hidup digital masyarakat Indonesia secara lebih inklusif," ujar Hendri dalam siaran persnya, Minggu (5/9/2021).

Sementara itu, Direktur Utama Mitratel Tehodorus Ardi Hartoko menuturkan Mitratel coba berkomitmen untuk terus berupaya menggali potensi-potensi baru dalam rangka memperkuat fundamental perusahaan.

Dengan kesepakatan ini, Mitratel semakin pede sebagai tower provider terbesar di Indonesia, terlebih masuknya era 5G yang akan membuat bisnis menara telekomunikasi akan lebih bergairah lagi.

Telkomsel melepas kepemilikan 4.000 unit menara telekomunikasi ke anak perusahaan Telkom, yaitu PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel).Telkomsel melepas kepemilikan 4.000 unit menara telekomunikasi ke anak perusahaan Telkom, yaitu PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel). Foto: Telkomsel

"Pengalihan kepemilikan menara ini juga akan memberikan kesempatan dan layanan yang sama kepada seluruh operator untuk dapat memperluas area dan meningkatkan pelayanannya kepada pelanggan. Hal ini tentu saja akan berkontribusi positif untuk percepatan digitalisasi skala nasional," jelasnya.

Dengan adanya pengalihan menara Telekomunikasi Telkomsel ini, Mitratel memiliki lebih dari 28.000 menara telekomunikasi di seluruh Indonesia baik urban, suburban maupun daerah rural. Mitratel juga terbuka untuk melakukan transaksi jual beli dengan pihak manapun sepanjang menguntungkan bagi kedua belah pihak.



Simak Video "Berapa Harga Paket 5G Telkomsel?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)