Catat! Ini Daftar Lokasi Perdana 5G Indosat Ooredoo

Catat! Ini Daftar Lokasi Perdana 5G Indosat Ooredoo

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 14 Jun 2021 15:00 WIB
Jakarta -

Usai mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Indosat Ooredoo langsung menggeber jaringan tersebut keempat kota di Indonesia.

Diketahui, Indosat Ooredoo telah melakukan Uji Laik Operasi (ULO) 5G pada 3-4 Juni yang berlokasi di Jakarta Pusat, tepatnya di area Monas, Medan Merdeka Barat, dan Medan Merdeka Selatan.

"Saya senang Indosat Ooredoo telah lulus uji ULO dan oleh karena itu, kami siap untuk meluncurkan 5G secara komersial di Indonesia," ujar President Director and CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama di Jakarta, Senin (14/6/2021).

Al-Neama mengatakan restu Kominfo berupa SKLO 5G ini hanyalah permulaan bagi Indosat Ooredoo untuk memberdayakan 5G di Indonesia.

"Penggelaran 5G akan membantu menumbuhkan ekonomi digital di Indonesia dengan menyediakan konektivitas berkecepatan tinggi yang memastikan pengalaman digital terbaik bagi perusahaan dan konsumen," tuturnya.

Untuk tahap awal, Indosat Ooredoo akan menggelar di beberapa kota. Catat ya, tempatnya yaitu di Jakarta, Solo, Surabaya, dan Makassar. Seiring dengan dengan hal itu, Al-Neama menyebutkan, akan diikuti dengan kesiapan ekosistem.

Di kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menuturkan, Kominfo melalui Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Ditjen PPI) telah mengeluarkan keterangan SKLO kepada Indosat.

"Penerbitan SKLO ini berdasarkan pelaksanaan ULO yang bertempat di Jakarta Pusat, di area Monas, Medan Merdeka Barat, Medan Merdeka Selatan, Indosat dinyatakan laik," jelas Johnny.

"Dengan diterbitkannya SKLO 5G ini menandakan bahwa seluruh sarana prasarana untuk penggelaran 5G telah dilakukan Indosat, secara teknis siap dioperasikan, khususnya dilakukan di pita frekuensi 1800 MHz dengan lebar pita 20 MHz dalam rentang 1837,5 MHz sampai dengan 1857,5 MHz," sambungnya.

Menkominfo menambahkan, penerbitan SKLO 5G ini berdasarkan Pasal 4 Peraturan Menkominfo Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi, yang mana turunan dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran (Postelsiar).

(agt/fay)