Mulai Diuji Coba di Indonesia, Kenali 5 Manfaat Canggih Teknologi 5G

Mulai Diuji Coba di Indonesia, Kenali 5 Manfaat Canggih Teknologi 5G

Erika Dyah Fitriani - detikInet
Senin, 24 Mei 2021 13:20 WIB
Ilustrasi 5G
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Teknologi 5G kini menjadi hal yang ditunggu masyarakat Indonesia. Terlebih sudah hampir 2 tahun teknologi generasi ke-5 ini diluncurkan secara komersil di berbagai negara.

Hadirnya teknologi 5G memang membawa berbagai dampak positif bagi berbagai lini kehidupan mulai dari industri, telekomunikasi hingga pertanian. Mengingat secara garis besar, 5G lebih unggul dibanding 4G dengan kecepatan dan kapasitas data lebih tinggi, serta waktu akses layanan data lebih rendah.

5G seakan lahir sebagai solusi atas kebutuhan koneksi ke tahap yang lebih tinggi dalam beberapa tahun ke depan. Dengan semua hal ini, tak heran 5G dapat menghadirkan berbagai manfaat. Melansir berbagai sumber, berikut 5 manfaat yang dapat dirasakan dengan adanya teknologi 5G.

1. Teknologi yang Makin Canggih

Kehadiran 5G memberikan pengaruh besar melalui inovasi eMBB (enhanced Mobile Broadband). Hal ini tentu akan memberi keuntungan terhadap para pengguna teknologi.

Hal ini mengingat eMBB mampu mengakomodasi kapasitas jaringan yang lebih besar untuk menjaga kecepatan data berada di level tertinggi di berbagai kondisi. Dengan demikian, 5G akan memungkinkan siapa pun dapat menikmati pemanfaatan teknologi lebih matang di berbagai sektor, mulai dari video streaming berkualitas tinggi, virtual reality (VR), augmented reality (AR), hingga cloud gaming.

2. Genjot Produktivitas & Bisnis

Lewat inovasi uRLLC (Ultra-Reliable and Low Latency Communications), 5G disebut mampu mendorong transformasi industri. Dalam hal ini, 5G dapat mendukung pelaku industri meningkatkan produktivitas, efektivitas, efisiensi, dan presisi dalam setiap aktivitasnya.

Dengan peak data rate hingga 20 Gbps, latensi 1ms, serta jumlah connection density 1 juta devices/km2, 5G mampu menunjang pemenuhan layanan untuk Industri 4.0. Tak hanya itu, teknologi yang mumpuni ini juga mampu menghadirkan ragam inovasi seperti mesin canggih, robot pekerja dan lainnya yang dapat menunjang kemajuan besar bagi bisnis.

3. Dorong Smart Farming

Tak hanya bisnis, kehadiran 5G juga dapat mendukung penerapan serta pengembangan smart farming. Mengingat teknologi 5G juga memiliki inovasi mMTC (massive Machine Type Communication). Adanya pengembangan smart farming tentunya akan membuat sektor pertanian menjadi lebih maju dan presisi.

4. Kemajuan Internet of Things

Teknologi 5G disebut mampu menghubungkan lebih banyak perangkat. Hal ini tentu akan membuat industri internet of things (IoT) tumbuh semakin pesat dan luas di berbagai sektor pengembangan kota dan kebijakan publik. Dengan terhubungnya berbagai objek lewat IOT, 5G pun akan semakin meningkatkan konektivitas, bahkan semua perangkat pintar di rumah tidak perlu lagi mengandalkan Wi-Fi untuk terhubung dengan internet.

5. Pengembangan Kendaraan Otonom

Saat ini, beberapa perusahaan di dunia masih mengembangkan mobil otonom. Namun, ahli memprediksi mobil otonom membutuhkan teknologi 5G agar dapat beroperasi dengan optimal.

Kehadiran 5G tentu akan mendukung pengembangan mobil otonom ke depan. Dalam hal ini, 5G mampu membuat mobil otonom dapat saling berinteraksi untuk meningkatkan keamanan dan mengatur lalu lintas.

Berbekal jaringan canggih dan latensi rendah, 5G disebut mampu mengkoneksikan mobil otonom dengan berbagai sensor di jalan, seperti lampu lalu lintas hingga SPBU.

Melihat kecanggihan teknologi 5G, Telkomsel terus berupaya mengakselerasikan pengembangan jaringan 5G agar dapat segera ada di Indonesia. Adapun upaya ini telah dimulai sejak 2018 melalui 'Telkomsel 5G Experience Center' pada Asian Games 2018 di Jakarta.

Ke depan, Telkomsel akan terus fokus dalam pematangan implementasi 5G di Indonesia. Dengan demikian, seluruh manfaat tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat di Indonesia.



Simak Video "Gojek Dapat Suntikan Rp 4,3 T dari Telkomsel, Bakal Dipakai Buat Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)