Telkomsel Perluas Layanan VoLTE hingga 230 Kota Jelang Geber 5G

Telkomsel Perluas Layanan VoLTE hingga 230 Kota Jelang Geber 5G

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 24 Mei 2021 06:15 WIB
Telkomsel menghadirkan layanan Voice over Long Term Evolution (VoLTE) yang memungkinkan pelanggan menikmati telepon berbasis 4G LTE dengan jaminan tidak akan putus.
Layanan VoLTE Telkomsel diperluas hingga 230 kota di Indonesia. Foto: Telkomsel
Jakarta -

Tak lama lagi Telkomsel menggeber jaringan 5G di Tanah Air. Selain itu, mereka akan memperluas layanan Voice over Long Term Evolution (VoLTE) ke 230 kabupaten/kota di Indonesia hingga akhir tahun 2021.

"Dengan memperluas cakupan layanan, teknologi VoLTE dapat dinikmati secara lebih merata oleh masyarakat Indonesia hingga ke seluruh pelosok negeri," kata Nugroho, Direktur Network Telkomsel.

Lebih lanjut disampaikan perluasan ketersediaan akses dan pengembangan VoLTE menjadi salah satu perwujudan komitmen pihaknya dalam mengedepankan prinsip customer-centric. Ini mengingat akselerasi adopsi gaya hidup digital yang semakin cepat dan dibutuhkan di tengah masyarakat. Sebab itu Telkomsel menghadirkan teknologi jaringan terdepan melalui implementasi roadmap broadband terkini dan terbarukan.

"Pengembangan VoLTE juga menjadi bagian dari upaya Telkomsel memperkuat ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia. Diharapkan, layanan VoLTE dapat membuka lebih banyak peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan produktivitas dalam menjalani keseharian," ujar Nugroho dalam keterangan resminya.

Di samping perluasan area coverage layanan, Telkomsel turut memperkuat kolaborasi bersama mitra perangkat ponsel pintar yang memiliki produk yang mendukung teknologi VoLTE. Ada Samsung, Huawei, Vivo, Xiaomi, Oppo, Advan dan Evercoss.

Bila ditotal ada lebih dari 50 tipe smartphone yang sudah support VoLTE Telkomsel. Dari upaya tersebut diharapkan semakin banyak pelanggan yang dapat menikmati layanan tersebut.

VoLTE TelkomselVoLTE Telkomsel Foto: dok Telkomsel

Hingga kini, Telkomsel mencatat ada sekitar 1 juta pelanggannya yang menjadi pengguna aktif VoLTE. Operator seluler yang identik berwarna merah ini menargetkan dapat menaikkan pengguna secara signifikan seiring diperluasnya area coverage layanan VoLTE di tahun ini.

Diungkap Nugroho, pengembangan layanan VoLTE turut jadi bagian dari upaya Telkomsel mempercepat peralihan layanan 2G dan 3G ke 4G/LTE, yang diharapkan dapat mengakselerasi penyelenggaraan layanan 5G di Indonesia.

Karenanya teknologi VoLTE dianggap Telkomsel menjadi medium penting dalam mematangkan implementasi teknologi 5G di Tanah Air. Sebab kehadiran 5G bukan hanya memungkinkan pengguna melakukan panggilan berbasis VoLTE, melainkan juga Voice over New Radio (VoNR).

"Selamat kepada pelanggan Telkomsel yang dapat menikmati serta memanfaatkan kelebihan layanan VoLTE untuk dapat mengakses lebih banyak peluang untuk hidup yang lebih baik," ucap Nugroho.

VoLTE TelkomselVoLTE Telkomsel Foto: dok Telkomsel

Untuk diketahui layanan VoLTE memberikan beragam kelebihan, di antaranya mampu menyambungkan panggilan lebih cepat dan menghasilkan suara kualitas HD, peralihan dari panggilan suara ke video call yang lancar dan cepat, hingga pelanggan bisa tetap menelpon sambil berselancar di internet atau bermain game dalam waktu bersamaan tanpa khawatir koneksi terputus.

Namun untuk bisa mengakses layanan VoLTE, para pelanggan Telkomsel harus memastikan beberapa hal terlebih dahulu, yaitu:

- Pastikan sudah menggunakan USIM 4G

- Menggunakan smartphone yang mendukung fitur VoLTE dengan sistem operasi (OS) terbaru

- Mengatur jaringan smartphone ke VoLTE

- Memastikan sudah berada di area coverage VoLTE

- Setelah itu, pelanggan bisa langsung melakukan panggilan untuk menikmati layanan VoLTE dengan tarif sesuai pemakaian, atau dengan mengaktifkan paket telepon lebih dulu untuk kenyamanan yang lebih.



Simak Video "Berapa Harga Paket 5G Telkomsel?"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)