Telkom Pastikan Layanan di NTT & Jatim Segera Pulih Setelah Bencana

Telkom Pastikan Layanan di NTT & Jatim Segera Pulih Setelah Bencana

Erika Dyah - detikInet
Minggu, 25 Apr 2021 14:59 WIB
Direksi Telkom Lakukan Kunjungan Kerja
Foto: Telkom
Jakarta -

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) ) kembali mengadakan rangkaian kegiatan tahunan berupa program TelkomGroup Siaga RAFI (Ramadan Idul Fitri) 2021 dengan tema 'Tetap Terhubung dan Terlindung' mulai awal Ramadhan hingga beberapa hari setelah Idul Fitri nanti. Kegiatan yang diselenggarakan secara nasional hingga seluruh Telkom Regional ini terdiri dari tiga program utama yakni Layanan Prima, Paket Khusus dan Telkom Berbagi.

Direktur Strategic Portfolio Telkom, Budi Setyawan Wijaya mengungkap pihaknya baru-baru ini melakukan Kunjungan Kerja Direksi TelkomGroup Siaga RAFI 2021. Pada kegiatan yang berlangsung Kamis (22/4) di Surabaya, Budi didampingi oleh Executive Vice President Telkom Regional V (Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara) Pontjo Suharwono.

Budi mengungkap pihaknya melakukan peninjauan infrastruktur ke posko TelkomGroup Siaga RAFI di Surabaya. Ia juga mengunjungi pelanggan di GraPARI maupun Plasa.

Dalam sambutannya, Budi menyampaikan terima kasih atas dedikasi karyawan yang bertugas di posko. Ia mengatakan rekan-rekan karyawan merupakan backbone bisnis Telkom yang berperan sangat penting bagi perusahaan.

"Semoga langkah kita ini dapat memberikan layanan terbaik untuk masyarakat Indonesia. Tetap jaga kesehatan dan jangan lengah karena pandemi masih bersama kita. Semoga kita selalu diberikan kesehatan," ujar Budi dalam keterangan tertulis, Minggu (25/42021).

Tak hanya itu, Budi juga menyemangati karyawan yang bertugas untuk percepatan recovery layanan TelkomGroup di provinsi Nusa Tenggara Timur yang terkena badai siklus tropis Seroja.

Sementara itu, Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Telkom, Ahmad Reza mengungkap upaya pemulihan layanan yang dilakukan pihaknya.

"Telkom memastikan layanan Telkom di wilayah yang terkena musibah bencana cuaca ekstrem di wilayah NTT dan gempa bumi di Malang dan sekitarnya yakni di wilayah Lumajang dan Blitar segera kembali pulih," ungkap Reza.

Lebih lanjut, Reza memastikan layanan Telkom untuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang terkena cuaca ekstrem berangsur pulih. Diketahui, sebelumnya wilayah NTT mengalami cuaca ekstrem karena dipicu siklon tropis Seroja yang mengakibatkan banjir bandang dan angin kencang di berbagai wilayah.

Ia menjelaskan upaya pemulihan layanan Telkom cukup menantang karena wilayah terdampak cukup serius dan medan lokasinya sangat berat. Namun, lanjutnya, berkat kesigapan tim teknisi Telkom dalam melakukan perbaikan dan penyambungan kabel, hal ini bisa teratasi dengan baik

"Kami bersyukur tim teknisi yang berada di garda terdepan bisa mempercepat pemulihan kondisi layanan yang per hari ini dapat dilaporkan sudah mencapai 90%, sementara untuk infrastruktur sudah 100% normal," kata Reza.

Selain di NTT, kata Reza, Telkom juga melakukan pemulihan jaringan telekomunikasi di wilayah Malang, Lumajang, dan Blitar akibat gempa bumi dengan magnitudo 6,7 SR beberapa minggu lalu. Ia menyampaikan, jaringan infrastruktur telekomunikasi di wilayah terdampak gempa sudah pulih.

Menurut penuturannya, Telkom melakukan pengamanan layanan di kondisi wilayah yang terkena dampak musibah agar layanan telekomunikasi yang diperlukan masyarakat maupun pemerintah dalam penanganan musibah tidak terganggu.

"Kami menyampaikan apresiasi atas dedikasi tim teknisi yang bertugas di posko bencana karena perannya sangat penting bagi perusahaan. Semoga langkah kita ini dapat memberikan layanan terbaik untuk masyarakat Indonesia," pungkasnya.

EVP Telkom Regional 5 Pontjo Suharwono pun mengungkap pihaknya turut menyerahkan bantuan TelkomGroup Berbagi dalam kegiatan ini. Adapun bantuan tersebut berupa bantuan bedah panti asuhan dan pesantren, santunan anak yatim, dan santunan duafa.

Diketahui, total bantuan yang diberikan untuk Telkom Regional di seluruh Indonesia mencapai Rp 1,6 miliar. Selain itu, juga dilaksanakan program LinkAja Charity yakni Program Sahabat Ramadan sebagai media untuk karyawan yang ingin berbagi kepada sesama.

"Jatim Balnus adalah wilayah yang menantang, di mana di satu sisi literasi internet sangat tinggi namun di sisi lain masih banyak area 3T yang harus terhubung. Kesenjangan ini yang harus kita satukan, dengan pengembangan infrastruktur lebih masif tidak hanya pulau-pulau besar di Jatim Balnus, namun juga pulau kecil lain seperti Pulau Rote dan Alor. Di sinilah pertaruhannya, wujud komitmen Telkom Indonesia untuk Indonesia sebenarnya," tutur Pontjo.

Ia berharap, adanya TelkomGroup Siaga RAFI 2021 dapat menjadi wujud keberadaan BUMN untuk Indonesia khususnya Telkom yang dapat benar-benar dirasakan manfaatnya, tak hanya untuk pelanggan tapi juga dapat membantu masyarakat yang kurang mampu untuk dapat memaknai bulan suci Ramadhan serta berbagi kebahagiaan dengan masyarakat.

Pontjo pun meyakini, pandemi telah mengubah adopsi digital masyarakat. Dengan adanya kegiatan ini, lanjut Pontjo, ia berharap digitalisasi yang dihadirkan Telkom dapat mempermudah aktivitas masyarakat dan nantinya menjadikan Indonesia menjadi lebih baik lagi.

(fhs/ega)