Ombudsman Dukung Kominfo Tegakkan Komitmen Pembangunan - Halaman 2

Ombudsman Dukung Kominfo Tegakkan Komitmen Pembangunan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 15 Des 2020 11:09 WIB
Kominfo
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

Agar transformasi digital yang dicita-citakan Presiden Joko Widodo dapat segera tercapai dan 3435 daerah non komersial dapat segera mendapatkan layanan, Alamsyah meminta Kominfo dan BAKTI tak boleh main-main lagi dalam meyediakan layanan telekomunikasi di daerah.

Ombudsman menilai kebijakan lama Kominfo juga dinilai tidak akurat dalam menyediakan skema alternatif telekomunikasi di daerah yang belum mendapatkan layanan telekomunikasi.

"Banyak sekali infrastruktur telekomunikasi untuk daerah terpencil seperti pembangunan Palapa Ring yang dibangun hingga saat ini belum menjadi solusi bagi penggelaran jaringan telekomunikasi di daerah USO. Bahkan saat ini pemerintah merespon dengan menganggarkan dana dari APBN untuk membangun jaringan telekomunikasi di daerah USO. Menurut saya itu keliru. Sebab pemerintah sudah memiliki dana USO dari operator telekomunikasi," kata Alamsyah.

"Saya sangat mengharapkan Menkominfo Johnny G. Plate membenahi kebijakan masa lalu Kominfo dan BAKTI yang tidak tepat. Tujuannya agar dana USO yang terbatas tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pembangunan jaringan telekomunikasi di daerah USO," tutup Alamsyah.

(asj/fay)