XL Axiata Umumkan Susunan Direksi Baru, Siapa Saja?

XL Axiata Umumkan Susunan Direksi Baru, Siapa Saja?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 27 Okt 2020 12:05 WIB
Susunan Direksi terbaru XL Axiata
Susunan direksi XL Axiata. Foto: XL Axiata
Jakarta -

Melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), XL Axiata (XL) mengumumkan susuan direksi baru. Agenda utama RUPSLB ini perubahan susunan anggota direksi, selain mengangkat pengganti Direktur Keuangan yang sebelumnya mengundurkan diri, juga mengangkat satu direktur baru.

RUPSLB menyetujui pengunduran diri Mohamed Adlan Bin Ahmad Tajudi dari jabatannya sebagai Direktur Perseroan terhitung sejak 1 November, serta memberikan pembebasan dan pelunasan tanggung jawab sepenuhnya (Acquit et de Charge) kepadanya sebagai direktur atas segala tindakan pengurusan terhitung mulai tanggal 1 Januari 2020 sampai dengan 1 November 2020.

Selanjutnya, rapat menyetujui mengangkat Budi Pramantika sebagai Direktur Perseroan menggantikan Mohamed Adlan Bin Ahmad Tajudin terhitung sejak 1 November 2020 sampai dengan berakhirnya masa jabatan direksi pada penutupan RUPS Tahunan pada tahun 2024.

"Komite Nominasi & Remunerasi berdasarkan rekomendasinya tanggal 14 September 2020 mengusulkan penunjukan anggota direksi baru, yaitu Budi Pramantika sebagai direktur menggantikan Mohamed Adlan Bin Ahmad Tajudin, dan I Gede Darmayusa sebagai direktur baru," ujar Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/10/2020).

Masih terkait perubahan susunan direksi, RUPSLB juga menyetujui mengangkat I Gede Darmayusa sebagai Direktur Perseroan terhitung sejak 4 November 2020 sampai dengan berakhirnya masa jabatan Direksi pada penutupan RUPS Tahunan pada tahun 2024.

Dengan demikian, susunan anggota Direksi XL Axiata per tanggal 4 November 2020, menjadi sebagai berikut:
Presiden Direktur : Dian Siswarini
Direktur : Abhijit J. Navalekar
Direktur : Yessie D. Yosetya
Direktur : David Arcelus Oses
Direktur : Budi Pramantika
Direktur : I Gede Darmayusa

Profil Direktur Baru

Ada dua wajah baru di jajaran direksi XL, yaitu kehadiran Budi Pramantika dan I Gede Darmayusa. Siapa mereka?

Budi Pramantika sebelumnya menjabat sebagai Deputy Chief Financial Officer. Bergabung di XL sejak Mei 2019, Budi memiliki pengalaman selama 14 tahun memegang berbagai jabatan di bidang keuangan.

Sebelum resmi didapuk mengisi kekosongan yang ditinggal Mohamed Adlan Bin Ahmad Tajudin, Budi pernah menjabat sebagai ASEAN Regional CFO di PT GE Health Care, sebagai Country CFO di PT GE Indonesia dan Asia Pacific CFO di GE Transportation.

Direktur XL Axiata Budi PramantikaDirektur Keuangan XL Axiata Budi Pramantika Foto: XL Axiata

Sementara itu, I Gede Darmayusa bukan orang baru di XL, di mana ia bergabung dengan operator seluler yang identik warna biru ini sejak tahun 2014. Posisi terakhirnya sebagai Caretaker Chief Technology Officer.

Kini I Gede Darmayusa naik level dan menduduki jabatan baru sebagai Direktur Teknologi. Gede memiliki pengalaman yang luas di bidang telekomunikasi. Di posisi barunya ini, Gede akan memimpin pengelolaan dan pengembangan jaringan.

Direktur Teknologi I Gede DarmayusaDirektur Teknologi I Gede Darmayusa Foto: XL Axiata


Simak Video "Ayo Adu Ide Kreatif Bisnis Di Xcelerate Business Competition"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)