XL Axiata Akan Perluas Layanan VoLTE ke 50 Kota

XL Axiata Akan Perluas Layanan VoLTE ke 50 Kota

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 08 Okt 2020 14:50 WIB
Untuk meningkatkan layanan digital, XL Axiata menjalin kemitraan strategis dengan Google Cloud Anthos untuk melanjutkan perjalanan transformasi digital perusahaan.
Ulang Tahun ke-24, XL Axiata Akan Perluas Layanan VoLTE ke 50 Kota (Foto: XL Axiata)
Jakarta -

Merayakan hari jadinya yang ke-24 XL Axiata akan memperluas jangkauan layanan Voice over LTE (VoLTE) ke lebih banyak kota. Layanan itu pertama kali diluncurkan Agustus lalu di Jakarta dan Medan.

Act Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan saat ini layanan VoLTE XL telah hadir di 13 kota di Indonesia, termasuk Jogja, Semarang, Surabaya dan Malang. Pada akhir tahun ini, XL menargetkan layanan ini akan hadir di 50 kota di Indonesia.

"Di akhir tahun 2020 kita sasar sekitar 50 kota besar dan kecil. Kota besar kota provinsi maupun kota penyangganya sudah bisa untuk VoLTE karena VoLTE juga terkait dengan mobilitas, perpindahan antar orang yang bekerja di kota atau di suburb," kata Gede dalam konferensi pers virtual, Kamis (8/10/2020).

Gede mengatakan komitmen XL untuk memperluas layanan VoLTE dikarenakan penggunaan panggilan suara semakin banyak digunakan di masa pandemi seperti sekarang. Ke depannya, semua BTS 4G milik XL akan disiapkan untuk mendukung layanan VoLTE.

Seperti diketahui, VoLTE adalah layanan telepon menggunakan jaringan LTE yang menawarkan kualitas suara yang jernih. Saat ini layanan VoLTE XL baru bisa digunakan oleh beberapa perangkat seperti Pocophone F2 Pro dan Huawei P40, dengan dukungan untuk Vivo V19 dan Samsung Galaxy S20 akan datang dalam waktu dekat.

Gede mengatakan upaya XL menggulirkan layanan VoLTE mungkin lebih lambat dibanding operator lain. Tapi hal ini semua dilakukan karena komitmen XL untuk memberikan layanan yang diharapkan pengguna.

"Janji-janji itu tidak bisa didapatkan dengan layanan yang sudah kita punya sekarang. Kita harus lakukan optimisasi kita harus melakukan banyak hal yang tidak bisa kita lakukan sendiri tapi juga dilakukan oleh semua rekanan kita dan juga dari sisi core, dari sisi IT ini banyak tim yang benar-benar terlibat untuk memastikan layanan ini ter-deliver," kata Gede.

"Ini adalah janji minimal kita, kerja keras itu masih kita lakukan sekarang. Kita tidak ingin mengecewakan pelanggan setelah mereka memakai VoLTE tidak sesuai yang kita janjikan. Nantinya semua kota akan VoLTE nationwide, kemungkinan di awal 2022," pungkasnya.

Selain memperluas layanan VoLTE, XL Axiata juga akan fokus dalam tiga hal yaitu memperluas jaringan 4G, fiberisasi dan memperkuat jaringan backbone antar kota, dan peningkatan kualitas dan kapasitas di daerah yang dilayani.

Hingga akhir semester pertama 2020, jaringan data XL Axiata telah menjangkau lebih dari 93 % populasi penduduk. Total sebanyak 139 ribu unit BTS, termasuk lebih dari 49 ribu unit BTS 4G, menopang jaringan XL Axiata di 456 kota/kabupaten di hampir seluruh provinsi yang ada di Indonesia.



Simak Video "XL Axiata Getol Bangun Jaringan di Daerah Pelosok"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)