Sudah Terima Kuota Internet Gratis? Langsung Dipakai Loh

Sudah Terima Kuota Internet Gratis? Langsung Dipakai Loh

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 26 Sep 2020 06:35 WIB
Bantuan tahap pertama kuota internet gratis telah disalurkan kepada masyarkat untuk menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19. Operator seluler mengimbau agar penerima subsidi kuota tersebut langsung memanfaatkannya.
Foto: Telkomsel
Jakarta -

Bantuan tahap pertama kuota internet gratis telah disalurkan kepada masyarakat untuk menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19. Operator seluler mengimbau agar penerima subsidi kuota tersebut langsung memanfaatkannya.

Telkomsel mengajak masyarakat yang telah terverifikasi dan ternotifikasi secara resmi sebagai penerima bantuan ini, untuk segera memanfaatkan fasilitas kuota internet gratis yang diterima guna menunjang kelancaran dan kenyamanan dalam menjalankan kegiatan pembelajaran jarak jauh.

Bantuan subsidi kuota ini terdiri dari kuota umum dan kuota belajar. Kuota umum merupakan kuota data yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi. Sedangkan kuota belajar adalah kuota data yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran yang terdaftar dalam tautan http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Sementara, bagi masyarakat yang belum terdaftar atau ingin memastikan proses verifikasi pendaftaran data dalam program ini, dapat segera menghubungi perwakilan sekolah/kampus yang telah ditunjuk dan memiliki kewenangan mendaftarkan peserta didik dan pendidik melalui aplikasi DAPODIK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Telkomsel selalu berinisiatif mengambil peran terdepan untuk memastikan kenyamanan masyarakat menjalankan aktivitas di masa pandemi COVID-19 yang penuh tantangan ini," ujar Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro dalam pernyataannya.

Diketahui, bantuan kuota internet gratis tahap pertama telah dilaksanakan secara berkala oleh Telkomsel pada 22-24 September 2020, dengan tujuan penerima manfaat sudah sesuai data yang telah terdaftar dan terverifikasi di sistem Kemendikbud.

Bantuan tahap pertama kuota internet gratis telah disalurkan kepada masyarkat untuk menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19. Operator seluler mengimbau agar penerima subsidi kuota tersebut langsung memanfaatkannya.Bantuan tahap pertama kuota internet gratis telah disalurkan kepada masyarkat untuk menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19. Operator seluler mengimbau agar penerima subsidi kuota tersebut langsung memanfaatkannya. Foto: Telkomsel

Adapun proses keseluruhan penyaluran bantuan kuota internet gratis tersebut dibagi ke beberapa tahap setiap bulannya, sesuai Peraturan Sekretaris Jendral Nomor 14 Tahun 2020 mengenai Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020 yang ditetapkan oleh Kemendikbud.

Setyanto menjelaskan lebih lanjut bahwa pengadaan kuota data internet dari seluruh penyedia layanan telekomunikasi bergerak seluler menggunakan tarif yang diatur melalui kebijakan yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud. Telkomsel akan terus memperkuat upaya kolaboratif dengan berkoordinasi bersama Kemendikbud secara intensif guna memastikan kelancaran penyaluran bantuan kuota data internet di tiap tahap.

Sejak status darurat pandemi COVID-19, Telkomsel menghadirkan beragam produk penunjang aktivitas digital, paket data Ilmupedia dan Conference, paket Kuota Belajar 10 GB harga Rp 10, hingga program Merdeka Belajar Jarak Jauh yang isinya paket Kuota Belajar 10GB serta paket kuota data renewal 11GB senilai Rp5.000 yang dapat diaktifkan berulang selama masa periode promo.

Untuk memastikan kelancaran layanan dalam ketersediaan jaringan broadband, salah satunya pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, per kuartal ketiga tahun ini Telkomsel mengoperasikan tambahan 23 ribu unit BTS 4G dari 25 ribu unit BTS 4G yang telah ditargetkan hingga akhir tahun. Penambahan BTS 4G tersebut akan memperkuat lebih dari 228 ribu unit BTS yang melayani sekitar 95% dari total populasi Indonesia.

Di samping itu, bekerjasama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo dengan merampungkan keberadaan konektivitas 4G di 1.083 BTS USO di wilayah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T) hingga kawasan perbatasan.

"Telkomsel berkomitmen untuk melanjutkan upaya kolaboratif dengan menggandeng sejumlah pemangku kepentingan lainnya seperti Kementerian Agama RI dan pemerintah daerah, yang salah satunya dengan mendistribusikan kartu perdana MBJJ melalui Dinas Pendidikan terkait kepada peserta didik dan pendidik di wilayah setempat," pungkasnya.



Simak Video "Ombudsman Minta Kemendikbud Buat Layanan Pengaduan soal Kuota Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)