Drama Pekerja Indosat, dari PHK Sampai ke Polisi

Drama Pekerja Indosat, dari PHK Sampai ke Polisi

Tim detikcom - detikInet
Jumat, 04 Sep 2020 15:58 WIB
Logo Indosat Ooredoo
Drama Pekerja Indosat, dari PHK Sampai ke Polisi (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Langkah Serikat Pekerja Indosat mempolisikan jajaran direksi menjadi perhatian publik. Langkah Indosat PHK karyawan berbulan silam menggelinding jadi bola salju.

Serikat Pekerja Indosat (SP Indosat) dari berbagai daerah melaporkan dugaan pidana beberapa oknum Direksi PT Indosat Tbk (ISAT) ke pihak kepolisian. Mereka mendatangi Polda Lampung, Polda Surabaya, dan Polda Metro Jaya.

Dari manakah awal pemolisian ini bermula? Dihimpun detikINET, Jumat (4/9/2020) begini runtutan kisahnya:

Indosat PHK 677 karyawan

Masalah ini bermula ketika Indosat melakukan PHK terhadap 677 karyawannya pada 17 Februari 2020. Langkah ini ditempuh sebagai reorganisasi bisnis untuk bertahan. Indosat kepada Komisi IX DPR RI mengklaim 90% karyawan yang terkena PHK sudah setuju dan mereka diberikan kompensasi lebih tinggi dari aturan UU.

"Kami meyakini bahwa reorganisasi bisnis ini adalah tindakan yang berat namun sangat dibutuhkan agar Indosat Ooredoo tetap bertahan dan bertumbuh. Reorganisasi bisnis ini juga merupakan langkah strategis Indosat Ooredoo menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang terdepan dan terpercaya," kata Irsyad Sahroni, Director & Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo, pada 27 Februari 2020.

57 Karyawan menolak PHK dan didukung serikat pekerja

Nah, dari 677 karyawan Indosat yang di-PHK, ada 57 orang yang menolak. Penolakan ini diungkapkan pada 5 Maret 2020. Serikat Pekerja (SP) Indosat sejak awal memang menolak adanya PHK.

Semenjak ada kabar Indosat akan PHK karyawan, karyawan meminta penjelasan ke manajemen pada Desember 2019. Namun tidak pernah ada jawaban dari perusahaan. Akhirnya PHK dilakukan pada Februari 2020. Menurut Presiden Serikat Pekerja Indosat Roro Dwi Handayani, PHK yang dilakukan kali ini menurutnya menyalahi aturan Pasal 151 UU No 13/2003 soal Tenaga Kerja.

"Ketika akan ada pengurangan pegawai atau PHK maka serikat pekerja Indosat dan manajemen harus duduk bersama dan berunding. Nah tahun ini tidak ada sama sekali perundingan dan koordinasi," jelasnya.

Selanjutnya: mediasi dan ke polisi...



Simak Video "Internet 101, Cara Indosat Ooredoo Edukasikan Internet Baik"
[Gambas:Video 20detik]