Cara Unik XL Axiata Cegah Warganet Mudik ke Kampung Halaman

Cara Unik XL Axiata Cegah Warganet Mudik ke Kampung Halaman

Nurcholis Maarif - detikInet
Rabu, 20 Mei 2020 21:48 WIB
Teknisi XL Axiata memeriksa perangkat BTS di kawasan Rasuna Said, Jakarta, Senin (10/2/2020). XL Axiata Tbk berhasil meraih pendapatan sebesar Rp 25,15 trilliun atau meningkat sembilan persen dibandingkan tahun sebelumnya, yang didorong oleh peningkatan pendapatan layanan sebesar 15 persen YoY, dan pertumbuhan pendapatan tersebut melampui pendapatan rata-rata industri.
Cara Unik XL Axiata Cegah Warganet Mudik ke Kampung Halaman (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

XL Axiata bersama Flock Creative Network (FCN) membuat sebuah akun Twitter yang merespons tweet mengandung ajakan atau keinginan untuk mudik dengan ajakan untuk mencari rute paling aman di mudikaman2020.com. Ini untuk membantu mengurangi penyebaran COVID-19 menjelang Lebaran.

Langkah ini diambil berangkat dari kampanye #BanyaaaaakKebaikan yang tengah dijalankan, terutama satu minggu menjelang Idul Fitri atau puncak mudik.

Saat kota tujuan dimasukkan, situs ini akan menunjukkan kalau satu-satunya rute aman adalah dengan tetap berada di rumah. Lalu dilengkapi dengan simulasi yang mengilustrasikan bagaimana kegiatan mudik dapat meningkatkan penyebaran COVID-19.

Pendekatan clickbait sengaja digunakan dalam kampanye ini untuk memancing masyarakat yang bersikeras mudik. XL dan FCN berharap kampanye ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat terhadap anjuran tetap di rumah.

Head Mass Segment Marketing Communications XL Axiata, Fajar Arieyanti mengatakan semua memiliki peran untuk membantu mencegah penyebaran virus ini. Dengan berada di rumah, masyarakat sudah ikut mengurangi penyebaran COVID-19.

"Kami memahami kebutuhan masyarakat untuk mudik dan bertemu keluarga di kampung halaman. Namun untuk saat ini sebaiknya semua tetap di rumah, dan bisa lebih erat berkomunikasi dengan menggunakan layanan internet," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (20/5/2020).

Sementara itu, Chief Digital Officer dari Flock Creative Network, Jeffrey Nijstad berharap kampanye ini akan meningkatkan perbincangan yang mendorong orang untuk menunda rencana mereka mudik guna menyelamatkan lebih banyak jiwa di Indonesia.

(prf/fay)