Senin, 06 Agu 2018 06:59 WIB

Laporan dari Orlando

Satelit Merah Putih Masuki Persiapan Akhir Sebelum Mengangkasa

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: Telkom Foto: Telkom
FOKUS BERITA Satelit Merah Putih
Orlando - Satelit Merah Putih atau Telkom 4 sudah siap menembus angkasa. Ya dalam hitungan hari, roket Falcon 9 besutan SpaceX dipastikan bakal mengantar satelit ke-10 Telkom itu menuju ke orbitnya dari lokasi peluncuran di Cape Canaveral, Florida.

"Telkom 4 diluncurkan tanggal 7 Agustus. Roket itu terdiri dari 3 komponen, yaitu step 1, step 2, dan fairing, semuanya sudah utuh. Satelit sudah berada di dalam roket," terang Zulhelfi Abidin, Direktur Network & IT Solution Telkom kepada media Indonesia di Orlando, Amerika Serikat.



Ia menambahkan, roket SpaceX tersebut sudah siap didorong ke tempat peluncuran, yang rencananya dilakukan pada jam 3 hari Senin waktu Amerika Serikat. Beberapa saat lagi, SpaceX akan melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan roket dan satelit dalam kondisi prima.

"Nanti malam dari pihak SpaceX sekitar pukul setengah sembilan akan melakukan launch readiness review, untuk memastikan semuanya sudah ready atau belum. Semuanya akan dilaporkan ke kita," lanjut Zulhelfi.

Zulhelfi Abidin, Direktur Network & IT Solution TelkomZulhelfi Abidin, Direktur Network & IT Solution Telkom Foto: Fino Yurio Kristo/detikINET

"So far sudah utuh dalam satu kesatuan. Kita punya 60 transponder (di satelit Merah Putih-red), 36 untuk Indonesia, 24 untuk Asia Selatan," papar Zulhelfi mengenai kapasitas yang dimiliki satelit Merah Putih.

Roket SpaceX bertugas melakukan peluncuran, sedangkan satelitnya sendiri adalah buatan perusahaan SSL yang berbasis di San Francisco. Tujuan akhis satelit Merah Putih adalah mengorbit di 108 derajat bujur timur untuk kemudian dimanfaatkan memperkuat teknologi komunikasi masyarakat Indonesia.



"Satelit ini berat utuhnya 5,8 ton, untuk roket tingginya sekitar 70 meter, massanya sekitar 580 ton, inilah yang akan ditembakkan ke atas," tambah Zulhelfi.

Satelit Merah Putih dirancang dapat bertahan 16 tahun yang ternyata adalah perhitungan minimal. Karena kapasitas bahan bakarnya dapat membuat sang satelit mampu beroperasi sampai 21 tahun lamanya.





Tonton juga 'Hore! Satelit Merah Putih Siap Diluncurkan':

[Gambas:Video 20detik]

Satelit Merah Putih Masuki Persiapan Akhir Sebelum Mengangkasa
(afr/afr)
FOKUS BERITA Satelit Merah Putih

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed