Senin, 15 Mei 2017 18:55 WIB

Buat Lebaran, Tri Siagakan 1.400 BTS 4G Tambahan

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Adi/detikcom Foto: Adi/detikcom
Jakarta - Lonjakan trafik data sepanjang musim mudik lebaran tahun ini sudah coba diantisipasi oleh operator seluler Tri. Mereka menyiapkan seribu lebih Base Transceiver Station (BTS) 4G tambahan di jalur mudik di seluruh Indonesia.

Hal tersebut diungkap oleh Muhammad Danny Buldansyah, Wakil Direktur Utama Tri Indonesia saat ditemui usai acara peluncuran aplikasi Bima+ di Jakarta, Senin (15/3/2017).

Dia mengatakan musim lebaran tahun ini akan terjadi lonjakan trafik data mencapai 30-40%. Tapi hal tersebut tidak akan terjadi pada panggilan suara.

"Saat ini banyak pengguna lebih banyak menggunakan data ketimbang suara. Saat mudik mereka menggunakan peta digital, mengakses sosial media dan streaming video," kata Danny.

Untuk mengantisipasi lonjakan data tersebut, pihaknya akan menambah kapasitas di seluruh titik mudik. Dalam melakukan penambahan tersebut, pihak Tri selalu berpandu pada pengalaman mereka di tahun sebelumnya. Sehingga sejumlah sumber trafik baru dapat dilakukan penambahan di tahun berikutnya.

Salah satu contoh kasus di pintu tol Brebes Timur atau sering disebut Brexit. Tahun lalu Tri mengaku cukup kewalahan, dalam waktu persiapan cukup singkat mereka ngebut melakukan penambahan di area tersebut. Sayangnya, kendati sudah ditambah, nyatanya masih kurang lantaran trafik datanya meningkat cukup besar.

"Tahun lalu agak sedikit susah, karena banyak tol baru diresmikan dekat-dekat lebaran, jadi punya waktu untuk nambah BTS sebentar sekali. Tahun ini kita punya waktu untuk nambah-nambah BTS," kata Danny.

Rencananya pihak Tri akan menyiapkan 1.400 BTS 4G mobile di titik mudik seluruh Indonesia. Khusus di jalur Pantai Utara Pulau Jawa, mereka mengalokasikan 70 BTS.

"Untuk BTS yang sudah ada, akan ditingkatkan kapasitasnya selama musim mudik. Sehingga dapat melayani kebutuhan pelanggan," pungkas Danny. (afr/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed