Heboh Bjorka, Ini 10 Istilah Hacker yang Perlu Diketahui

ADVERTISEMENT

Heboh Bjorka, Ini 10 Istilah Hacker yang Perlu Diketahui

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 14 Sep 2022 21:45 WIB
Hacker Rusia Berhasil Membobol Jaringan Komunikasi Pemerintah Jerman
Heboh Bjorka, Ini 10 Istilah Hacker yang Perlu DIketahui. Foto: DW (News)
Jakarta -

Serangan Bjorka yang membocorkan data registrasi SIM Card maupun profil pejabat Indonesia tengah ramai dibahas. Nah, berikut ini adalah beberapa istilah di dunia hacker dan artinya, seperti dihimpun detikINET dari berbagai sumber:

Backdoor

Memasuki sistem terproteksi dengan password istilahnya melalui pintu depan. Nah, perusahaan bisa saja menciptakan backdoor atau pintu belakang di sistem, sehingga developer bisa langsung masuk ke program. Backdoor ini biasanya rahasia, tapi mungkin saja dieksploitasi oleh hacker.

Black Hat dan White Hat

Hacker black hat adalah orang yang menyerang sistem untuk keuntungan pribadi atau niat jahat. Sebaliknya, hacker white hat menyerang sistem dengan tujuan memberitahu pihak yang diserangnya jika ada celah keamanan.

Bug

Bug adalah semacam cacat atau error di program software. Beberapa bug tidak berbahaya dan hanya sedikit mengganggu, tapi ada pula yang dapat dieksploitasi oleh hacker. Itu sebabnya banyak perusahaan mengadakan program berhadiah bagi pakar keamanan yang bisa mendeteksi bug sebelum diserang hacker.

Dark Web

Dark web terdiri dari situs-situs yang tidak diindeks oleh Google dan hanya dapat diakses melalui jaringan khusus, misalnya Tor. Seringnya, dark web dimanfaatkan oleh operator website yang ingin tetap anonim karena alasan tertentu.

DDoS

DDoS adalah tipe serangan siber oleh hacker yang relatif mudah dieksekusi dan efektif. Kependekan dari Distribute Denial of Service Attack, penyerang menggunakan sejumlah komputer untuk membanjiri target dengan data atau request data. Akibatnya, website target melambat atau bahkan tumbang.

Jailbreak

Jailbreak adalah mengakali keamanan perangkat semacam iPhone, Android atau PlayStation, untuk melenyapkan pembatasan yang dibuat oleh pembuat ponsel. Umumnya, jailbreak bertujuan untuk menjalankan software dari sumber tidak resmi.

Halaman selanjutnya, apa itu malware>>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT