Pakar Keamanan Heran PeduliLindungi Disorot Amerika - Halaman 2

Pakar Keamanan Heran PeduliLindungi Disorot Amerika

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 16 Apr 2022 21:15 WIB
Cek Tiket Vaksin Booster di PeduliLindungi, Ini Caranya
Aplikasi PeduliLindungi. Foto: Dok.detikcom

Ia menyatakan perlu diakui awalnya penanganan data kurang baik, tetapi jika perhatian difokuskan ke penanganan kebocoran data saja supaya aplikasi aman tapi tak berfungsi baik dan pandemi memakan korban besar, jelas yang harus diprioritaskan adalah aplikasi berfungsi baik dulu untuk menekan pandemi. Setelah itu baru pelan-pelan mengurus pengamanan datanya.

"Jelas perlindungan kesehatan masyarakat jauh lebih penting daripada hak individu. Saya tidak bisa mengerti ada yang ingin mengutamakan kepentingan individu di atas kepentingan umum atau masyarakat," paparnya.

"Kita berkaca saja dari keberhasilan penanganan pandemi, justru negara lain yang harus belajar dari Indonesia. Dan hal ini dikontribusikan cukup besar oleh PeduliLindungi," lanjut Alfons.

"Jangan main kritik saja mengutamakan sekuriti data, tapi fungsi aplikasi malah tidak menjadi fokus. Fungsi aplikasi nomor satu, setelah lancar dan berjalan baik karena dikejar waktu (pandemi tidak menunggu aplikasi aman baru menyebar) baru fokuskan pada pengamanan data," pungkas Alfons.

(fyk/hps)