Aplikasi PeduliLindungi Hilang di App Store, Ini Jawaban Kominfo

Aplikasi PeduliLindungi Hilang di App Store, Ini Jawaban Kominfo

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 21 Feb 2022 16:30 WIB
Cara membuat QR code PeduliLindungi penting diketahui bagi pemilik restoran, perkantoran, mal dan tempat umum lainnya.
Aplikasi PeduliLindungi Hilang di App Store, Kominfo Bicara Solusinya. Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom
Jakarta -

Masyarakat dikejutkan dengan aplikasi PeduliLindungi yang mendadak hilang di App Store. Terkait hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) buka suara dan memberikan solusinya.

Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait dengan status aplikasi PeduliLindungi di App Store.

Dedy tidak menjelaskan secara rinci aplikasi PeduliLindungi kenapa sampai mendadak hilang di App Store, sehingga pemilik perangkat iPhone maupun iPad saat ini tidak bisa mencarinya aplikasi tersebut.

"Perlu kami informasikan bahwa sedang terjadi perubahan status PeduliLindungi di App Store sehingga PeduliLindungi tidak muncul melalui kolom pencarian," ujar Dedy kepada Dedy, Senin (21/2/2022).

Disampaikan Dedy bahwa Kementerian Kesehatan saat ini sedang berkoordinasi dengan pihak Apple di Amerika Serikat dan mengusahakan agar PeduliLindungi dapat tersedia lagi di App Store, yang bisa diunduh oleh pemilik iPhone maupun iPad.

"Agar PeduliLindungi dapat kembali publik melalui proses reupload aplikasi," kata Dedy.

Sembari menunggu proses reupload, Dedy mengatakan kalau para perangkat yang berbasis iOS ini dapat mengakses link alternatif https://apps.apple.com/us/app/pedulilindungi/id1504600374 untuk langsung terhubung dengan aplikasi PeduliLindungi di App Store.

Aplikasi PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan dan dimanfaatkan pemerintah untuk pelacakan dan membantu di masa pandemi virus corona (COVID-19).

PeduliLindungi juga dapat digunakan untuk check-in ke tempat-tempat umum di masa pandemi, serta mengunduh sertiifkat vaksin COVID-19.



Simak Video "Kemenkes Beberkan Masa Depan Aplikasi PeduliLindungi"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)