Waduh! Ada Aplikasi Mencurigakan di Samsung Galaxy Store

Waduh! Ada Aplikasi Mencurigakan di Samsung Galaxy Store

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 29 Des 2021 09:35 WIB
Ilustrasi malware
Foto: Dok. NordLocker
Jakarta -

Samsung Galaxy Store adalah toko aplikasi yang ada di setiap ponsel dan tablet Samsung. Sayangnya, di dalamnya ada aplikasi-aplikasi yang mencurigakan.

Dilansir dari Phone Arena, Rabu (29/12/2021), ada beberapa aplikasi streaming film di Galaxy Store yang mencurigakan. Untungnya, kini aplikasi tersebut sudah tak ada lagi di toko aplikasi tersebut.

Aplikasi tersebut adalah Showbox, yang juga punya beberapa aplikasi kembaran, dan menurut analis keamanan mobile linuxct, aplikasi tersebut sebenarnya tidak berbahaya, namun di dalamnya ada teknologi yang membuatnya bisa menjadi pintu masuk dan sekaligus mengaktifkan malware.

Menurut Max Weinbach, Showbox dan berbagai kembarannya itu ditandai sebagai aplikasi yang mungkin berbahaya dari Google Play Protect. Karena itu juga mungkin Showbox ini tidak ada di Play Store.

Kemudian aplikasi tersebut pun dianalisis menggunakan VirusTotal, layanan pemindai virus dan malware online. Hasilnya pun sesuai, pasalnya aplikasi tersebut meminta izin untuk mengakses beberapa data yang berlebihan dan seharusnya tak diperlukan, seperti catatan panggilan masuk dan keluar.

Masalah lainnya adalah Showbox ini terkenal sebagai pembajak konten, dan besar kemungkinan video yang dimunculkan di Showbox itu melanggar hak cipta. Untungnya, Showbox ini hanya ada di Galaxy Store dan tidak ada di Play Store.

Namun sayangnya, karena Galaxy Store tidak menampilkan jumlah unduhan, tak diketahui seberapa luas penyebaran aplikasi ini. Namun yang jelas, Showbox sudah mendapat ratusan ulasan di Galaxy Store, dan beberapa di antaranya sudah menyebutkan peringatan terkait adanya malware.



Simak Video "Samsung: Tren Layar Lipat dan 5G, Jadi Daya Tarik Pasar Untuk Upgrade HP"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)