Download Torrent Spider-Man: No Way Home Ilegal, Ini Bahayanya!

Download Torrent Spider-Man: No Way Home Ilegal, Ini Bahayanya!

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 24 Des 2021 22:36 WIB
Potongan adegan dari trailer Spider-Man: No Way Home.
Download Torrent Spider-Man: No Way Home Sembarangan, Ini Bahayanya! Foto: dok. Sony Pictures
Jakarta -

Spider-Man: No Way Home saat ini sudah tayang di bioskop Indonesia. Sayangnya, popularitas film ini dimanfaatkan oleh penjahat siber yang menyebarkan malware cryptomining bersama file torrent Spider-Man: No Way Home.

Peneliti keamanan dari ReasonLabs menemukan torrent Spider-Man: No Way Home terinfeksi oleh cryptominer Monero. Saat dilacak, file yang berisi malware ini berasal dari situs torrent asal Rusia.

File tersebut dilaporkan oleh seorang pengguna dan tidak cocok dengan file jahat yang ada di database ReasonLabs. Tidak diketahui berapa banyak orang yang sudah menjadi korban cryptominer ini, tapi ReasonLabs memperkirakan malware ini sudah beredar cukup lama.

"Malware Spiderman ini sebenarnya adalah 'edisi' baru dari malware yang sudah diketahui sebelumnya yang menyamar sebagai beragam aplikasi populer seperti 'windows updater', 'discord app', dan kini film Spider-man. Ini mengindikasikan bahwa (malware) ini sudah banyak diunduh," kata ReasonLabs dalam laporannya, seperti dikutip dari Threatpost, Jumat (24/12/2021).

Cryptominer ini bisa mengabaikan Windows Defender dan menambah 'watchdog process' untuk menjaga aktivitasnya. Begitu korban mengunduh cryptominer ini, mereka mungkin tidak akan langsung sadar karena malware ini bekerja secara diam-diam.

Karena digunakan untuk menambang kripto tanpa sepengetahuan korban, perangkat yang terinfeksi biasanya jadi lambat dan lebih boros listrik ketimbang penggunaan normal.

"Meski malware ini tidak membobol informasi pribadi (yang paling ditakutkan oleh pengguna jika ada virus di komputernya), kerugian yang disebabkan oleh miner bisa dilihat di tagihan listrik pengguna," jelas ReasonLabs.

"Sebagai tambahan, kerugian juga bisa dirasakan di perangkat pengguna karena biasanya miner membutuhkan penggunaan CPU yang tinggi, yang menyebabkan komputer melambat secara dramatis," sambungnya.

Analis ReasonLabs menyarankan pengguna untuk selalu berhati-hati saat mengunduh file dari sumber yang tidak resmi. Salah satunya dengan selalu mengecek ekstensi file yang akan diunduh, misalnya jika download film pastikan ekstensinya adalah .mp4 dan bukan .exe.

Ini bukan pertama kalinya Spider-Man: No Way Home dimanfaatkan oleh penjahat siber untuk menyebarkan malware-nya. Pekan lalu, saat film itu belum rilis sudah ada beberapa kampanye phishing yang beredar lewat situs nonton abal-abal.

"Ekspektasi para penggemar sangatlah tinggi saat ini, bahkan bisa dikatakan lebih tinggi daripada film apa pun. Kami mendorong pengguna untuk waspada terhadap halaman yang mereka kunjungi dan tidak mengunduh file dari situs yang belum diverifikasi," kata Tatyana Shcherbakova, pakar keamanan di Kaspersky.



Simak Video "'Spider-Man: No Way Home' Tutup 2021 dengan Puncaki Box Office"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)