Nonton Spider-Man: No Way Home Full Movie Sub Indo Ilegal, Ini Risikonya!

Nonton Spider-Man: No Way Home Full Movie Sub Indo Ilegal, Ini Risikonya!

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rabu, 22 Des 2021 12:48 WIB
Poster terbaru Spider-Man: No Way Home
Jangan menonton Spider-Man: No Way Home secara ilegal! (Foto: dok. Sony Pictures)
Jakarta -

Film Spider-Man: No Way Home sedang meramaikan bioskop di Tanah Air. Namun banyak yang tergoda menonton ilegal padahal penuh risiko keamanan digital.

Spider-Man: No Way Home adalah penutup trilogi Spider-Man Tom Holland yang ditunggu-tunggu para penggemar di seluruh dunia. Film berdurasi 2 jam 28 menit ini diberikan rating bagus 9/10 di IMDb.

Bahkan, situs Rotten Tomatoes yang biasanya suka tega memberikan rating, kali ini memberikan nilai 94% untuk film tersebut. Itu sebabnya banyak netizen yang tergoda untuk menontonnya secara ilegal.

Di Indonesia, film Spider-Man: No Way Home tersedia di jaringan bioskop Tanah Air baik itu Cinema XXI, CGV dan Cinepolis. Namun tetap saja banyak yang mencari Spider-Man: No Way Home full movie sub indo dari tempat ilegal seperti IndoXXI dan LK21.

Padahal menonton dari tempat ilegal memiliki risiko keamanan digital yang tidak main-main. Please, jangan menonton di sana ya, ini sebabnya.

Di Indonesia, situs-situs yang menyediakan streaming konten ilegal pun sudah seringkali ditindak oleh Kominfo. Menteri Johnny G Plate pun mengingatkan bahwa menonton film di situs online ilegal semacam IndoXXI berdampak negatif.

Salah satu dampak negatif itu adalah tersedotnya bandwidth yang telah disediakan para operator seluler. Akibatnya bisa mengganggu kebutuhan bandwidth untuk keperluan yang lebih produktif. Misalnya untuk kebutuhan work from home atau belajar online di rumah.

Bahaya tersembunyi dari nonton film di situs online ilegal seperti IndoXXI, LK21 dan Ganool juga pernah diungkapkan oleh Pengamat Siber dari Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi. Menurut dia, bisa saja ketika membuka situs streaming ilegal tersebut ada malware yang menyertainya. Malware ini berpeluang merusak perangkat gadget yang digunakan untuk menonton film ilegal.

"Kita juga harus bertanya kenapa mereka mengasih secara free, apa untungnya? Ternyata mereka mengambil data kita. Mereka mengambil untung dari situ," kata Ismail Fahmi, seperti dikutip dari CNBC Indonesia.

Yuk, lebih baik kita pergi ke bioskop saja untuk menonton Spider-Man: No Way Home yang full movie dan tentunya subtitle Indonesia dong, legal pula!



Simak Video "'Spider-Man: No Way Home' Tutup 2021 dengan Puncaki Box Office"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)