Belum Satu Bulan AirTag Apple Sudah Diretas

Belum Satu Bulan AirTag Apple Sudah Diretas

Josina - detikInet
Selasa, 11 Mei 2021 11:16 WIB
AirTag
Foto: dok Apple
Jakarta -

Kurang dari sebulan sejak peluncurannya AirTag Apple sudah berhasil diretas. Hal tersebut dilakukan oleh peneliti keamanan asal Jerman yang mengumumkannya lewat Twitter.

Stacksmashing demikian nama akun Twitternya mengungkapkan telah berhasil meratas AirTag dengan cara melakukan reverse engineering. Saat percobaannya, sudah 2 AirTag yang ia rusak karena gagal diretas.

Ia mem-flash ulang mikrokontroler yang memungkinkannya membuat beberapa perubahan pada fungsionalitas AirTag. Dalam peretasannya ia berhasil membuat perubahan yang berkaitan dengan link URL yang muncul pada pemberitahuan ketika AirTag dalam mode hilang.

Peneliti Jerman mengubah URL pada pemberitahuan. Alih-alih memberi tahu orang yang menemukan AirTag yang hilang tentang situs found.apple.com, pemberitahuan tersebut mengarahkan ke situs web peneliti dan menyertakan URL-nya.

Apple tampaknya harus serius menangani kasus ini. Peretasan AirTag mungkin memungkinkan seseorang untuk menguntit pengguna AirTag tertentu.

Apple pun telah mengirimkan peringatan ketika AirTag yang bukan milik pengguna, ditemukan bepergian dengan keluarga. Adapun kemungkinan AirTag dapat diretas untuk menciptakan masalah keamanan. Sepertinya itu terbukti sangat mungkin dan Apple perlu merespons sebagaimana dilansir detiKINET dari PhoneArena, Selasa (11/5/2021).



Simak Video "Apple Perkenalkan AirTag, Perangkat Pesaing SmartTag Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)