Google Jajal Fitur 'AirTag' di Pixel 6

Google Jajal Fitur 'AirTag' di Pixel 6

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 03 Mei 2021 09:03 WIB
AirTag
Apple AirTag. Foto: dok Apple
Jakarta -

Google Pixel 6 disebut bakal mempunyai teknologi ultra wideband (UWB) yang menjadi basis perangkat semacam Apple AirTag dan dan Galaxy SmartTag.

UWB adalah protokol komunikasi nirkabel yang bisa dipakai untuk mengumpulkan data lokasi dengan akurasi tinggi. Sejauh ini perusahaan yang sudah menerapkan teknologi ini adalah Apple dan Samsung.

Sementara Google saat ini disebut tengah menjajal koneksi UWB tersebut dalam perangkat dengan kode Raven, yang diasumsikan adalah Pixel 6. Teknologi UWB yang dipakai di ponsel tersebut kemungkinan akan dibuat oleh Qorvo.

Selain lewat hardware, Google pun sudah menyediakan application programming interface (API) untuk UWB pada Januari lalu di Android 12. Di Android terbaru itu system apps bakal bisa mengakses fitur UWB.

Sejauh ini Google belum mempunyai produk yang menggunakan teknologi ini. Termasuk deretan produk Nest. Jadi belum diketahui bagaimana Google bakal mengimplementasikan produk ini nantinya, karena Google juga belum punya perangkat smart tracker semacam AirTag ataupun SmartTag.

Sementara itu, Raven yang kemungkinan akan menjadi Pixel 6 bakal ditemani oleh sebuah perangkat berkode Oriole, yang dipercaya adalah Pixel 6 XL. Duo ponsel ini disebut bakal menggunakan system on a chip (SoC) bikinan Google yang bernama Whitechapel GS101.

SoC tersebut kabarnya dibuat oleh Samsung dengan proses 5nm, dan tampaknya akan dipamerkan di ajang Google I/O yang akan digelar dalam waktu dekat, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (3/5/2021).

Sementara duo Pixel itu mungkin baru akan dirilis pada bulan Oktober, seperti kebanyakan ponsel Pixel lainnya. Namun sebelumnya mungkin Google akan merilis Pixel 5a, yang menjadi varian murah dari Pixel 5 keluaran tahun lalu.



Simak Video "Bantah Layanannya Down, Begini Penjelasan Google Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)