Mengenal Teknologi Pantau Pergerakan Mobil Pakai Smartphone

Mengenal Teknologi Pantau Pergerakan Mobil Pakai Smartphone

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 02 Mei 2021 16:46 WIB
Mercedes-Benz Indonesia meminjamkan 42 unit kendaraan E 400 AMG yang akan digunakan untuk kendaraan para pemimpin negara di KAA. Ke-42 mobil ini merupakan kendaraan terbaru yang diproduksi di pabrik Mercy di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Saat ini mobil mewah itu terparkir di halaman VVIP JCC Senayan, Jakarta. Rengga Sancaya/detikcom.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Dengan kemajuan teknologi, pergerakan mobil bisa dipantau secara real time melalui smartphone. Bahkan, pemantauan tersebut tidak akan menyedot pulsa maupun paket internet.

Teknologi yang dimaksud Fox Logger GPS Technology merupakan sistem manajemen transportasi yang memungkinkan pengguna memantau aktivitas kendaraannya. Teknologi ini dikembangkan oleh perusahaan GPS tracker berbasis IoT, Fox Logger.

Pemantauan itu meliputi jarak tempuh setiap harinya, lokasi parkir, cepat laju kendaraan, lama kendaraan menyala, pemakaian bahan bakar, hingga mendeteksi keberadaan kendaraan. Agar pemantauan tersebut tidak memakan pulsa atau paket internet, Fox Logger bermitra dengan operator seluler Telkomsel.

Dukungan Telkomsel salah satunya pada keberadaan SIM card yang disematkan pada perangkat GPS tracker milik Fox Logger. Pengguna solusi ini mendapatkan paket bebas data internet selama enam bulan, apabila sudah habis nantinya hubungi Fox Logger dalam mengaktivasi paket internet baru enam bulan berikutnya.

"Para pengguna, termasuk pengusaha leasing, transportasi, dan logistik tidak perlu lagi menghabiskan banyak biaya telepon untuk memastikan keberadaan sopir atau kendaraannya berada di mana," ujar CEO Fox Logger Alamsyah Cheung dalam siaran persnya.

Fox Logger memiliki alat yang bisa memantau pergerakan kendaraan secara real time dan ampuh mematikan kendaraan dari jarak jauh bila terjadi pencurian.Fox Logger memiliki alat yang bisa memantau pergerakan kendaraan secara real time dan ampuh mematikan kendaraan dari jarak jauh bila terjadi pencurian. Foto: Fox Logger

"Cukup dengan membuka HP, tablet, atau komputer, mereka sudah bisa memastikan di mana posisi kendaraan berada, bahkan hingga mengetahui seberapa cepat sopir mengemudi. Termasuk jika ada pencurian, kendaraan bisa dimatikan selama terhubung dengan jaringan telekomunikasi," sambungnya.

General Manager SME Sales Management West Area Telkomsel Hasan Kurdi mengatakan kolaborasi dengan Fox Logger guna memperkuat layanan bisnis digital di segmen teknologi IoT.

"Kami percaya pengembangan ini juga akan membuka peluang dalam menghadirkan lebih banyak pilihan solusi bagi pelanggan korporasi yang membutuhkan solusi berbasis digital untuk layanan manajemen logistik," ungkap Hasan.

Sebagai perusahaan GPS tracker berbasiskan IoT di Indonesia, Fox Loggera terus mengembangkan diri dengan bertumpu pada inovasi, serta kualitas layanan yang sudah berjalan baik lebih dari lima tahun terakhir.

Alamsyah berharap kemitraan dengan Telkomsel terus berlanjut, di mana sejauh ini selain membantu pemantauan kendaraan, juga Fox Logger ID card, kartu berbasis IoT yang bisa digunakan untuk mengetahui posisi orang yang menggunakannya. Fox Logger ID Card ini dinilai cocok, seperti membantu monitoring pergerakan pasien COVID-19.

Fox Logger sendiri telah mengantongi standar internasional ISO 90001:2015 dan 27000:2013. Saat ini perusahaan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam hal monitoring truk sampah, baik individu maupun korporasi serta sejumlah perusahaan leasing.



Simak Video "Gojek Dapat Suntikan Rp 4,3 T dari Telkomsel, Bakal Dipakai Buat Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)