Startup Bikin GPS Tracker Untuk Pantau Kendaraan Real Time

Startup Bikin GPS Tracker Untuk Pantau Kendaraan Real Time

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 20 Jul 2020 22:10 WIB
Cari Restoran Thailand Pakai GPS, Netizen Ini Kena Tipu
Foto: Twitter @ZakwanZaid
Jakarta -

Fox Logger, startup internet of things (IoT) membuat GPS tracker bagi perusahaan leasing yang ingin mendapat keuntungan di tengah hantaman pandemi COVID-19.

Melalui inovasi yang dimiliki Fox Logger, yakni dapat melacak keandaraannya secara real time, maka akan memudahkan perusahaan leasing maupun multifinance memantau pergerakkan unit mobil kreditannya yang bermasalah.

CEO Fox Logger Alamsyah Cheung menjelaskan, lewat teknologi GPS Tracker yang dimilikinya yang mana telah dipasangkan di kendaraan dari perusahaan leasing, aktivitas kendaraan itu pun bisa dipantau seluruh Indonesia. Mulai dari jarak tempuh setiap harinya, lokasi parkir, kecepatan laju kendaraan, lama kendaraan menyala, pemakaian bahan bakar, hingga mendeteksi keberadaan kendaraan bisa dipantau.

"Pemilik kendaraan dengan mudah memantau kendaraannya lewat smartphone atau komputer secara real time, karena memanfaatkan konsep internet of things, sehingga berbagai benda atau perangkat terhubung satu sama lain melalui sebuah alat komputasi," ujar Alamsyah.

Keunggulan tersebut yang menurut Fox Logger dapat membantu perusahaan-perusahaan di bidang logistik dan leasing, sehingga tidak perlu pusing lagi menghabiskan banyak biaya telepon untuk memastikan posisi kendaraannya.

Bahkan cukup dengan membuka handphone, tablet atau komputer, mereka sudah bisa memastikan di mana posisi kendaraan berada, mengetahui seberapa cepat sopir dalam mengemudi, menganalisis aktivitas pergerakan, mengetahui lamanya kendaraan parkir, jalan yang pernah dilewati, bahkan bisa menyadap percakapan yang terjadi di dalam kabin mobil, dan hanya dengan sekali SMS, kendaraan pun bisa dimatikan mesinnya.

"Fox Logger GPS Technology juga merupakan platform sistem manajemen transportasi pertama di Indonesia yang menerima koneksi dari berbagai merek GPS tracker dengan layanan pelanggan 24 jam," tuturnya.

Alamsyah menyebutkan saat ini pihaknya telah melakukan kerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta, salah satunya dalam memonitoring truk sampah. Selain dengan Pemprov DKI Jakarta, Fox Logger sudah berkolaborasi dengan perusahaan lainnya.

Tantangan pandemi COVID-19 turut membuat industri otomatif loyo dan perusahaan logistik ikut terdampak, di mana itu mempengaruhi perkembangan Fox Logger. Akan tetapi, dengan kemampuan dan solusi yang ditawarkannya, Fox Logger berharap pada tahun depan dapat menggandeng setidaknya 15 perusahaan leasing pada tahun 2021.

Untuk saat ini, area kendaraan roda empat dan lebih yang masih dijalankan oleh Fox Logger. Tren sepeda yang saat ini sedang naik, sebenarnya dilirik oleh startup ini dengan mengadopsi teknologi pemantauan GPS tracker yang telah dikembangkannya.

"Inginnya kembangin ke sepeda karena sekarang lagi tren, bagaimana teknologi kita bisa dipakai, tapi itu kita lihat nanti," ucapnya.



Simak Video "Ini Dia Salah Satu Peluang Startup yang Masih Jarang Ada di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)