Jurus Sukses Ekstrim dari Anak Muda yang Sudah Membuktikannya

Jurus Sukses Ekstrim dari Anak Muda yang Sudah Membuktikannya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 10 Jul 2020 06:36 WIB
Sam Altman
Sam Altman. Foto: istimewa
Jakarta -

Pada pertengahan usia 20-an tahun, Sam Altman menjual startup yang didirikannya senilai USD 43,4 juta. Ia sekarang jadi mitra di Y Combinator, yang mendanai berbagai startup tenar semacam Airbnb dan Dropbox, dengan valuasi total USD 100 miliar.

Altman pun membagikan ilmu agar orang bisa sukses ekstrim seperti dirinya di blog. Pertama adalah tidak menyerah walau terjadi sesuatu yang tidak menguntungkan atau halangan besar.

"Salah satu pelajaran paling powerful adalah bahwa kalian bisa mencari tahu apa yang harus dilakukan dalam situasi yang sepertinya tidak ada solusinya. Kegigihan datang dari pembelajaran bahwa kalian bisa bangkit setelah terjatuh," tulisnya.

Kemudian, yakin pada diri sendiri. "Orang tersukses yang kukenal percaya pada dirinya sampai titik delusional," cetus Altman yang dikutip detikINET dari CNBC.

Altman mengambil contoh Elon Musk yang pernah mengajaknya keliling pabrik SpaceX dan berkata dengan keyakinan tinggi bahwa dia akan meluncurkan roket ke Mars. Namun Altman berpesan keyakinan harus dibarengi dengan kesadaran dan kemauan menerima kritik.

Ilmu selanjutnya adalah fokus. "Jauh lebih penting mengerjakan sesuatu yang tepat dibandingkan bekerja berjam-jam. Kebanyakan orang membuang waktu pada hal-hal yang tidak penting. Sekali kalian menemukan apa yang harus dilakukan, jangan berhenti menjadikan prioritas itu tercapai dengan cepat," katanya.

Ia juga menekankan pentingnya bekerja pintar dan bekerja keras. "Kalian akan berkompetisi dengan orang-orang amat berbakat yang akan punya ide besar dan mau bekerja keras," tulis Altman.

"Orang-orang ekstrim mendapatkan hasil yang ekstrim. Bayak bekerja memang mengorbankan kehidupan dan rasional jika orang memutuskan tidak melakukannya. Tapi itu banyak manfaatnya,"

Kegigihan dan berani mencoba adalah kunci lainnya karena bisa jadi asalkan terus berusaha, mereka akan mengubah dunia. "Kebanyakan orang tidak mencoba sama sekali dan hanya menerima bahwa hal-hal adalah seperti adanya," sebut Altman.

"Mengambil risiko itu penting karena tidak mungkin menjadi benar sepanjang waktu, kalian harus mencoba banyak hal dan beradaptasi dengan cepat seiring kalian belajar lebih banyak," sarannya.



Simak Video "Kisah Sukses Pengrajin Miniatur Kapal Pinisi"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)