Puluhan Smartphone Wartawan Diretas Spyware Pegasus - Halaman 2

Puluhan Smartphone Wartawan Diretas Spyware Pegasus

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 22 Des 2020 17:37 WIB
People are seen as silhouettes as they check mobile devices whilst standing against an illuminated wall bearing WhatsApp Incs logo in this arranged photograph in London, U.K., on Tuesday, Jan. 5, 2016. WhatsApp Inc. offers a cross-platform mobile messaging application that allows users to exchange messages. Photographer: Chris Ratcliffe/Bloomberg via Getty Images
Foto: Chris Ratcliffe/Bloomberg

Ponsel Dridi adalah iPhone XS Max, dan ponsel tersebut disadap dalam rentang waktu yang lebih lama. Yaitu dari Oktober 2019 sampai Juli 2020. Dari ponsel itu terdapat bukti adanya serangan zero-day, bahkan untuk iPhone yang menjalankan iOS versi terbaru.

"Kehidupanku tak normal lagi. Saya merasa kalau tak mempunyai privasi lagi. Menjadi jurnalis bukanlah kejahatan," keluhnya.

Soal celah di iMessage tersebut, Apple mengaku memang belum memverifikasi sendiri laporan Citizen Lab tersebut. Namun celah yang dipakai untuk menyadap ponsel para jurnalis itu sudah ditambal dan diperbaiki di iOS 14, yang dirilis pada September lalu.

"Di Apple, tim kami bekerja tanpa henti untuk memperkuat keamanan data dan perangkat pengguna. iOS 14 punya peningkatan besar dalam hal keamanan dan mempunyai perlindungan baru untuk serangan semacam ini," ujar juru bicara Apple.

"Serangan yang disebut dalam laporan itu adalah serangan yang ditargetkan dengan sangat spesifik oleh suatu negara. Kami selalu mengajak konsumen untuk mengunduh software versi terakhir untuk melindungi diri dan data mereka," tambahnya.

(asj/fay)