Jangan Dipakai! Ini 10 Password Terburuk Tahun 2020

Jangan Dipakai! Ini 10 Password Terburuk Tahun 2020

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 20 Nov 2020 05:42 WIB
Google Password
Jangan Dipakai! Ini 10 Password Terburuk Tahun 2020 Foto: Wired
Jakarta -

Layanan password manager NordPass kembali merilis laporan tahunannya tentang password terburuk yang digunakan pengguna internet. Dari ratusan juta password yang dianalisis, mereka menemukan 200 password yang paling sering ditemukan dan gampang ditebak.

Dikutip detikINET dari ZDNet, Jumat (20/11/2020) setelah menganalisis 275.699.516 password yang bocor, NordPass dan mitranya menemukan password yang paling sering digunakan ternyata sangat mudah ditebak.

Orang tidak bertanggung jawab hanya membutuhkan waktu kurang dari satu atau dua detik untuk membobol akun menggunakan password ini. Hanya 44% dari password dalam daftar tersebut yang terbilang unik.

Dalam laporannya, NordPass menemukan lima password yang paling banyak digunakan adalah "123456", "123456789", "picture1", "password" dan "12345678".

Selain "picture1", keempat password lainnya hanya membutuhkan waktu kurang dari satu detik untuk dibobol hanya dengan tebakan atau skrip kamus yang mengumpulkan frase umum dan kombinasi angka.

Sedangkan untuk "picture1", Nordpass mengatakan password ini merupakan pendatang baru dalam daftar password terburuk. Mereka mengatakan kombinasi kata dan angka ini membutuhkan waktu sekitar tiga jam untuk dibobol menggunakan serangan brutal.

Daftar lengkap 200 password terburuk yang paling banyak digunakan di tahun 2020 bisa kalian lihat di sini, sedangkan daftar 10 teratasnya adalah:

Password paling banyak digunakan 2020Password terburuk tahun 2020 Foto: Screenshot/detikINET

Membuat password yang unik dan rumit adalah salah satu kunci untuk mengamankan akun kalian di internet. Cara paling mudahnya adalah dengan menggunakan password manager, baik yang dari pihak ketiga seperti LastPass atau 1Password atau yang sudah terintegrasi seperti iCloud Keychain dan password manager milik Google Chrome.

Jika ingin membuat password sendiri, jangan menggunakan pola yang mudah ditebak dan berulang-ulang, seperti angka atau huruf yang berdekatan di keyboard. Tambahkan huruf kapital, simbol dan nomor di tempat yang tidak terkira juga membantu.

Perlu diingat juga jangan gunakan informasi pribadi sebagai password, seperti tanggal ulang tahun atau nama seseorang. Jangan lupa aktifkan two-factor authentication (2FA) untuk perlindungan ekstra akun kalian.



Simak Video "Pentingnya Ganti Kata Sandi Medsos Secara Berkala"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)