Zoom Akan Lebih Aman, Rilis Layanan Enkripsi End-to-End

Zoom Akan Lebih Aman, Rilis Layanan Enkripsi End-to-End

Josina - detikInet
Selasa, 27 Okt 2020 14:26 WIB
Aplikasi video conference Zoom mengakuisisi Keybase untuk meningkatkan keamanan terenkripsi secara end-to-end
Foto: Zoom
Jakarta -

Zoom resmi meluncurkan layanan enkripsi end-to-end (E2EE) untuk pengguna baik yang berbayar ataupun gratis. Dengan fitur ini obrolan serta rapat video akan menjadi jauh lebih aman.

Pengguna dapat mengaktifkan E2EE di perangkat desktop, aplikasi Android dan Room Zoom pada mulai hari ini. Ini juga akan tersedia di iOS setelah Apple menyetujui pembaruan aplikasi Zoom.

Dilansir detikINET dari Engadget, Selasa (27/10/2020) pengguna harus mengaktifkan E2EE secara manual di pengaturan dan semua peserta rapat perlu melakukannya agar panggilan mereka dapat menggunakan tingkat enkripsi tersebut.

Dengan adanya ikon perisai hijau di kiri atas panggilan pengguna akan mengetahui bahwa panggilan tersebut telah diaktifkan dengan fitur E2EE.

E2EE Zoom saat ini dalam pratinjau teknis dan perusahaan berharap pengguna akan memberikan masukan tentang fitur tersebut selama 30 hari ke depan.

Namun, setidaknya pada tahap pertama dari peluncuran empat fase, E2EE akan memblokir fungsi Zoom tertentu seperti fitur transkripsi langsung.

Sebelumnya Zoom telah membeli Keybase pada Mei untuk mengembangkan mode E2EE setelah lonjakan besar dalam penggunaan di tengah pandemi virus corona.

Awalnya, Zoom hanya akan menawarkan E2EE kepada pengguna berbayar namun keputusan tersebut mendapatkan kritikan sehingga diputuskan bahwa fitur ini dapat digunakan semua pengguna.



Simak Video "Berkat WFH, Pendiri Zoom Masuk Deretan Orang Terkaya di Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)