Zoom Perkuat Fitur Enkripsi Khusus Pelanggan Berbayar?

Zoom Perkuat Fitur Enkripsi Khusus Pelanggan Berbayar?

Josina - detikInet
Selasa, 02 Jun 2020 09:33 WIB
Aplikasi video conference Zoom mengakuisisi Keybase untuk meningkatkan keamanan terenkripsi secara end-to-end
Zoom Perkuat Fitur Enkripsi Khusus Pelanggan Berbayar? (Foto: Zoom)
Jakarta -

Selama pandemi COVID-19 layanan panggilan video Zoom mengalami keberkahan. Pasalnya berkat itu mereka mendapatkan kepopuleran dan pengguna yang melonjak tinggi.

Meski demikian Zoom disorot karena banyak masalah data privasi dan keamanannya. Berupaya memperbaiki diri, mereka telah meningkatkan privasi dan keamanan dengan mengakuisisi sebuah perusahaan yang akan membantu dalam meningkatkan enkripsi.

Hasilnya, seperti dilansir dari Ubergizmo, Zoom akan merilis fitur enkripsi yang lebih kuat dalam waktu dekat. Tapi sayangnya fitur baru t ersebut hanya tersedia khusus pelanggan berbayar saja.

Hal ini tentu akan menuai protes dari pengguna yang menggunakan Zoom secara gratis. Meski demikian langkah Zoom ini mendapatkan dukungan.

Menurut Jon Callas dari American Civil Liberties Union, dengan langkah Zoom menjadikan fitur ini bagian dari layanan berbayarnya dapat memungkinkan Zoom untuk mencegah pengguna yang menggunakan platformya untuk nge-spam atau tindakan jahat lainnya.

Menanggapi mereka yang berpendapat jika fitur enkripsi ini telah diberikan secara gratis oleh perusahaan seperti Facebook ataupun Google. Callas menjelaskan ini adalah salah satu cara Zoom untuk mendapatkan keuntungannya sedangkan Google bisa mendapatkan uang dari iklan.



Simak Video "Berkat WFH, Pendiri Zoom Masuk Deretan Orang Terkaya di Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/afr)