Pesan Pendiri Tokopedia Pada Pelanggan Usai Kebobolan

Pesan Pendiri Tokopedia Pada Pelanggan Usai Kebobolan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 12 Mei 2020 14:14 WIB
CEO Tokopedia, William Tanuwijaya dalam acara dPreneur
Pesan William Tanuwijaya untuk pengguna Tokopedia. (Foto: Dewi Rachmat Kusuma/detikcom)
Jakarta -

Pendiri dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, angkat bicara soal pembobolan data pengguna platform tersebut oleh hacker. Seperti diberitakan, 91 juta data pemakai Tokopedia dijual di dark web.

Informasi yang bocor adalah username, alamat email, nama user, tanggal lahir dan nomor telepon. Untungnya dalam data tersebut, password yang bocor tidak terbuka karena dalam bentuk hash yang dienkripsi dan untuk mengetahui kuncinya cukup sulit.

Dalam suratnya, William mengakui ada pencurian data pengguna Tokopedia. "Pada tanggal 2 Mei 2020, kami menyadari adanya pencurian data oleh pihak ketiga yang tidak berwenang terkait informasi pengguna Tokopedia," sebutnya.

Saat ini, mereka tengah menggelar penyelidikan intensif secara internal dan juga dengan bantuan pihak luar yang diklaim mumpuni.

"Kami juga telah menunjuk institusi independen kelas dunia yang memiliki spesialisasi di bidang keamanan siber dalam membantu investigasi dan identifikasi langkah-langkah yang diperlukan guna lebih meningkatkan lagi perlindungan data para pengguna Tokopedia," tulis William. Berikut isi surat lengkapnya:

Kepada semua pengguna Tokopedia yang saya hormati,

Bisnis Tokopedia adalah bisnis kepercayaan. Sebagai perusahaan teknologi dengan platform marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia telah dipercaya oleh lebih dari 90 juta masyarakat Indonesia. Kepercayaan ini adalah sebuah amanah dan tanggung jawab yang selalu kami pegang teguh.

Selama 11 tahun Tokopedia melayani masyarakat Indonesia, kami selalu memberi perhatian lebih kepada sistem keamanan kami. Kami terus membangun, mengembangkan, dan meningkatkan prosedur serta sistem antisipasi dan mitigasi kami, sesuai dengan standar terbaik dunia.