Kamis, 08 Agu 2019 18:50 WIB

Trump Larang Lembaga Pemerintah AS Pakai Huawei Cs

agt - detikInet
Kantor Huawei. Foto: Reuters Kantor Huawei. Foto: Reuters
Washington - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump meresmikan pelarangan kepada lembaga pemerintah federal untuk membeli dan menggunakan peralatan buatan Huawei.

Dalam aturan yang akan berlaku pada 13 Agustus nanti, selain Huawei, Pemerintah AS juga menyasar perusahaan China lainnya, seperti ZTE, Hytera, dan Hikvision.


Juru Bicara Kantor Manajemen dan Anggaran Gedung Putih, Jacob Wood, mengatakan bahwa pemerintah akan sepenuhnya mematuhi undang-undang yang disahkan oleh kongres sebagai bagian dari rancangan anggaran belanja pertahanan yang disahkan tahun lalu, seperti dikutip dari Tech Crunch, Kamis (8/8/2019).

Pemerintah AS menuding Huawei akan mematai-matai mereka melalui teknologi buatannya, terutama pada jaringan 5G. Data-data warga Negeri Paman Sam dikhawatirkan akan diserahkan untuk keperluan pemerintah China.



Tuduhan Pemerintah AS terhadap Huawei pun telah dibantah. Bahkan Huawei mengatakan tuduhan yang dialamatkan ke perusahaannya itu tanpa bukti sampai saat ini.

"Pada akhirnya, kebijakan itu akan sangat berdampak pada warga pedesaan di seluruh AS karena jaringan yang mereka gunakan untuk konektivitas digital bergantung pada Huawei," kata Juru Bicara Huawei, Chase Skinner.

Simak Video "Intel Daftarkan Lisensi Khusus Demi Pasok Huawei"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)